Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Sirsak – Sirsak merupakan buah tropis yang asalnya dikatakan dari hutan didaerah Afrika, Amerika Selatan sampai Asia Tenggara termasuk Indonesia. Setiap bagian dari pohon sirsak(terutama daunnya), diyakini memiliki khasiat obat. Buah sirsak sendiri mempunyai rasa yang cukup lezat, dengan kombinasi rasa manis dan asam. Buah sirsak yang mudah tumbuh dan juga berbuah ini pada awalnya kurang begitu mendapatkan perhatian dan umumnya dibiarkan tumbuh dan berbuah begitu saja. Akan tetapi baru-baru ini sirsak suah banyak mendapatkan perhatian, karena temuan akan kandungan zat yang bersifat anti sel kanker alami.

Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Terlepas dari sifat anti-kankernya, buah sirsak memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh yang lainnya. Daun Sirsak merupakan bagian yang berkhasiat dari pohon ini, karena mengandung senyawa Acetoginin yakni asimisin, squamosin dna bulatacin. Acetoginin bertindak sebagai anti – hama, dengan demikian sering juga digunakan untuk membasmi serangga . Daun sirsak efektif mampu menghancurkan sel-sel kanker. Selain itu, juga bisa digunakan untuk pengobatan beberapa penyakit lain .

Daun sirsak mengandung beberapa senyawa nutrisi, termasuk kalsium fruktosa, lemak, protein, vitamin A dan B dan lainnya. Daun sirsak juga memiliki sifat obat yang baik , sehingga dapat digunakan sebagai bahan untuk beberapa produk herbal. Berikut ini beberapa khasiat daun sirsak :

  1. Sebagai Obat Wasir

Penderita wasir harus menghindari makanan asam dan pedas, karena kedua jenis makanan tersebut dapat memicu munculnya wasir. Namun, pengobatan dari dalam perlu juga. Salah satu obat tradisional untuk mengobati wasir yaitu menggunakan daun sirsak. Rebus 10 lembar daun sirsak dengan menggunakan 3 gelas air sampai airnya tersisa hanya satu gelas. Minumlah air rebusan tersebut sekali sehari.

  1. Mengurangi gejala arthritis 

Daun sirsak memiliki kandungan senyawa anti inflammatori atau peradangan yang mampu mengurangi gejala arthritis. Arthritis merupakan suatu gangguan pada persendian yang diakibatkan peradangan dan merupakan salah satu gejala penyakit autoimun ataupun rusaknya sistem imun yang terjadi dalam tubuh dimana sel darah putih justru akan menyerang sel normal di dalam tubuh. Minum air rebusan daun sirsak setiap hari bisa mengurangi rasa nyeri dan gejala arthritis pada persendian.

  1. Mencegah dan mengatasi kanker

Salah satu khasiat daun sirsak yang tidak terduga adalah mencegah dan mengobati kanker. Banyak penelitian yang membuktikan pengaruh ekstrak daun sirsak terhadap perkembangan berbagai macam sel kanker di dalam tubuh. Daun sirsak memiliki kandungan senyawa Annonaceous acetogenins yang dapat ditemukan pada keluarga tanaman annonaceae. Senyawa tersebut adalah senyawa fitokimia yang memiliki aktifitas anti kanker. Annonaceous acetogenins berperan dalam membunuh sel kanker dan memicu apoptosis atau mekanisme bunuh diri sel. Secara alami, sel tubuh yang rusak dalam tubuh membunuh dirinya sendiri agar tidak mempengaruhi sel yang lainnya, namun pada kasus penyakit kanker, sel kehilangan kendali dan tak dapat mengendalikan pembelahannya.

  1. Mengatasi peradangan

Peradangan dalam tubuh bisa terjadi karena infeksi maupun gangguan pada sistem organ. Senyawa aktif yang terkandung dalam daun sirsak mampu bekerja sebagai zat anti-inflammatori dan sebagai analgesik atau pereda rasa sakit. Oleh karena itu, air rebusan ataupun ekstrak daun sirsak dapat digunakan untuk menyembuhkan radang, baik yang bersifat ringan ataupun kronis seperti radang pada saluran cerna seperti lambung dan usus.

Itu tadi beberapa khasiat daun sirsak untuk kesehatan yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat…!

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Khasiat Tanaman Obat Jahe Untuk Kesehatan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *