Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Sirih  – Daun sirih, siapa yang tidak tahu jenis tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan ini? Biasanya daun sirih sering dikaitkan dengan orangtua, dimana mereka suka melakukan kegiatan nyirih, atau mengunyah daun sirih. Kegiatan ini katanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Sebetulnya tidak hanya orang tua saja yang suka mengkonsumsi daun sirih, tapi banyak juga anak muda yang suka dengan daun ini. Tapi bukan dengan dikunyah, melainkan dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih. Air rebusan daun  sendiri memang mempunyai banyak sekali manfaat untuk  kesehatan tubuh.  Lalu apa saja, manfaat yang kita bisa peroleh dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih?  Untuk lebih jelasnya silahkan menyimak uraian tentang Khasiat Daun Sirih  berikut ini.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Daun sirih mempunya senyawa antiseptik yang bisa membersihkan bakteri dan juga kuman yang terdapat pada rongga mulut. Jadi hal ini bisa  mencegah munculnya bau mulut,  plak dan karang di gigi karena kuman yang bersarang di dalam mulut. Cara menggunakan daun sirih untuk menjaga kesehatan mulut cukup mudah anda hanya perlu mengunyahnya saja selama 2 sampai 3 menit. Mungkin anda akan merasakan sedikit rasa pahit, namun sebagai gantinya  kesehatan mulut anda akan selalu terjaga.

  1. Menyembuhkan penyakit asma

Asma adalah jenis penyakit yang cukup merepotkan, meskipun bukan  penyakit yang bersifat kronis, seperti jantung dan diabetes. Penyakit asma sendiri bisa menimbulkan efek yang bisa mengganggu kegiatan kita sehari-hari. Untuk anda yang sedang menderita penyakit asma, anda bisa memanfaatkan daun sirih,  untuk mengatasi penyakit asma anda. Sebab di dalam daun sirih terdapat kandungan yang dipercaya bisa mengurangi dan mengatasi gejala penyakit asma.

  1. Melancarkan haid

Untuk  para wanita yang kerap mengalami masalah saat sedang haid, dan tidak menyukai jamu – jamu untuk melancarkan haid, maka anda bisa mencoba meminum air rebusan dari daun sirih. Seperti yang kita ketahui, banyak produk obat – obatan di pasaran  mengandung ekstark sirih. Ini membuktikan jika Khasiat Daun Sirih  sangatlah banyak terutama untuk melancarkan haid.

  1. Melancarkan pencernaan

Mengunyah daun sirih tak hanya bisa membuat kesehatan mulut anda tetap terjaga, namun juga bisa membantu membuat pencernaan anda menjadi lebih lancar.
Daun sirih bekerja dengan merangsang air liur yang memiliki kandungan enzim pencernaan dan enzim lipase untuk  memecah dan  juga menghancurkan makanan dengan mudah dan efektif. Hal ini tentunya bisa membantu membuat pencernaan anda lebih lancar, sebab makanan yang mulai masuk ke organ lambung dan juga saluran pencernaan lanjutan telah berada dalam kondisi yang sangat mudah untuk dicerna, jadi masalah-masalah pencernaan seperti perut kembung, perut terasa penuh, dan peningkatan asam di lambung bisa dihindari.

  1. Membantu pengobatan diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan jika daun sirih bisa mengatasi dan   mengobati penyakit diabetes. Hal ini sudah dibuktikan di suatu penelitian yang mana penelitian tersebut menunjukan jika ekstrak daun sirih bisa menurunkan kadar gula dalam darah yang awalnya normal lalu menjadi rendah. Bila anda mempunyai penyakit diabetes, maka anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun sirih untuk mengatasi penyakit anda 1 kali dalam sehari secara teratur.  Namun ada hal yang harus anda perhatikan jika anda saat ini sedang meminum obat diabetes, yaitu Anda harus mengkonsultasikan hal ini terlebih dulu kepada dokter anda.

Demikianlah ulasan tentang Khasiat Daun Sirih  semoga bermanfaat untuk anda.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *