Kesehatan Gizi Ibu Menyusui Yang Perlu Dijaga

Kesehatan Gizi Ibu Menyusui – Sebagai ibu yang baru saja melahirkan seorang anak, salah satu hal yang wajib dilakukan demi kesehatan bayi serta kesehatan diri sendiri yaitu mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi tinggi. Kebutuhan nutrisi selama menyusui sangat penting untuk produksi ASI. Selain itu, gizi yang terkandung di dalam makanan sehat tersebut menentukan cepat tidaknya proses pemulihan seorang ibu pasca persalinan.

Kesehatan Gizi Ibu Menyusui Yang Perlu Dijaga

Tak hanya itu saja, kebutuhan gizi pada ibu menyusui yang menjalani masa menyusui harus dipertimbangkan karena selain menyangkut gizi anak selama masih bayi, bertambahnya produksi ASI berkualitas juga sangat dipengaruhi oleh makanan sehat yang dikonsumsi oleh ibu menyusui. Jika zat gizi tak terpenuhi, tentu saja akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan ibu dan bayi karena ASI yang dihasilkan kualitasnya rendah. Gizi yang diperlukan oleh ibu menyusui selama masa menyusui adalah sebagai berikut :

  1. Protein

Makanan yang kaya akan protein ini seringkali kita temui dalam kehidupan sehari-hari karena banyak terdapat pada ikan, daging sapi, telur, daging ayam, buah alpukat, susu dan lain sebagainya. Protein ini dibutuhkan untuk membangun jaringan baru pada tubuh, memelihara sel tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi dan mensuplai kebutuhan akan energi.

  1. Energi

Energi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan juga menyusui karena saat sedang menjalani masa kehamilan dan menyusui, ibu memerlukan tambahan masukan energi untuk mencukupi kebutuhan ibu dan anak.

  1. Zat besi

Zat besi merupakan zat gizi yang banyak terdapat pada roti gandum dan kacang-kacangan. Ibu menyusui setiap harinya mengeluarkan 0,3 mg zat besi yang keluar dalam bentuk ASI, sehingga seorang ibu menyusui paling tak membutuhkan zat besi sebesar 1,1 mg setiap harinya pada enam bulan pertama masa menyusui.

  1. Vitamin D

Vitamin D penting bagi kesehatan gigi serta pertumbuhan tulang.

  1. Kalsium

Kalsium diperlukan oleh ibu menyusui dalam jumlah yang besar. Selain berperan dalam proses produksi ASI, tubuh ibu menyusui harus menjaga konsentrasi kalsium dalam ASI agar tetap dalam kondisi yang intake kalsium cukup. Jika intake kalsium dalam tubuh ibu menyusui tak mencukupi maka kebutuhan kalsium dalam produksi ASI akan diambilkan dari persediaan yang ada dalam tubuh ibu menyusui bahkan termasuk dalam tulang.

  1. Folic Acid atau asam folat

Zat gizi ini sangat berguna untuk mensintesis DNA serta membantu tubuh dalam pembelahan sel.

  1. Vitamin B-6

Vitamin B-6 dapat membantu tubuh dalam metabolisme protein dan lemak , mendukung syaraf serta sistem kekebalan serta memfasilitasi pertumbuhan sel. Selain itu, vitamin B-6 juga dibutuhkan untuk sel darah putih dan produksi sel darah.

  1. Vitamin B-12

Vitamin B-12 berguna untuk mendukung sistem saraf dan produksi sel darah merah.

  1. Zinc atau Seng

Zat ini berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan penting bagi ibu pasca persalinan guna menyembuhkan luka.

Begitu banyaknya kebutuhan zat gizi bagi ibu menyusui, maka dari itu sangat disarankan bagi ibu menyusui untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang untuk memenuhi gizi tersebut serta untuk meningkatkan kualitas ASI. Menjaga setiap makanan yang dikonsumsi selama menyusui adalah salah satu cara mendapatkan ASI yang berkualitas sehingga baik bagi kesehatan bayi. Itulah sekilas tentang Kesehatan Gizi Ibu Menyusui.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Kesehatan Emosional Ibu Dalam Mengasuh Anak

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *