Kebutuhan Jam Tidur Berkualitas Berdasarkan Usia

Kebutuhan jam tidur berkualitas – Setiap hari tubuh melakukan berbagai aktivitas. Pasti setelah melakukan berbagai aktivitas harian, tubuh membutuhkan istirahat karena tidur merupakan salah satu kebutuhan setiap manusia sepeti halnya makan. Kebutuhan tidur yang cukup tidak hanya diperlukan untuk anak-anak namun semua umur. Bedanya kebutuhan anak tidur diharapkan bisa mendorong pertumbuhan anak dan menjaga konsentrasinya ketika belajar di sekolah. Sedangkan pada orang dewasa, tidur yang cukup bisa berguna untuk mengistirahatkan tubuh serta memperbaiki sel-sel yang rusak setelah melakukan berbagai aktivitas. Oleh sebab itu tidur dengan cukup sesuai usia sangat dibutuhkan bagi setiap orang.

Kebutuhan Jam Tidur Berkualitas Berdasarkan Usia

Kebutuhan tidur menunjukan kebutuhan dasar tubuh untuk beristirahat. Dengan tidur yang cukup setiap malam maka kebutuhan tubuh untuk tidur atau istirahat akan terpenuhi dan bisa dipastikan bahwa orang tersebut bisa beristirahat dengan baik. Durasi waktu tidur sedikit berbeda pada setiap kelompok usia karena disesuaikan dengan kondisi tubuh seseorang. Dibawah ini merupakan rekomendasi terbaru waktu tidur untuk usia anak-anak dimulai dari bayi yang usinya 4 bulan sampai 17 tahun. Sedangkan untuk orang yang dewasa dimulai dari usia 18 tahun sampai 65 tahun. Berikut ini rekomendasi tidur sesuai kelompok usia :

  1. Bayi yang baru lahir usia 0-3 bulan = durasi tidur 14 sampai 17 jam per harinya.
  2. Bayi usia 4 – 11 bulan = durasi tidur ditambah menjadi 12 sampai 15 jam setiap harinya.
  3. Batita yang berusia 1 – 2 tahun = durasi tidur 11 sampai 14 jam per hari.
  4. Balita yang berusia 3 – 5 tahun = durasi tidur 10 sampai 13 jam per hari.
  5. Anak-anak yang berusia 6 – 13 tahun = durasi tidur 9 sampai 11 jam
  6. Remaja yang berusia 14 – 17 tahun = durasi tidur 8 sampai 10 jam per hari.
  7. Remaja menuju dewasa usia 18 – 25 tahun = durasi tidur 7 sampai 9 jam per hari.
  8. Orang Dewasa yang berusia 26 – 64 tahun = durasi tidur 7 sampai 9 jam.
  9. Orang Usia lanjut, umur 65 tahun lebih = durasi tidur 7 sampai 8 jam per hari.

Durasi tidur yang diperlukan setiap harinya sangat penting dan berpengaruh pada kesehatan karena saat tubuh kurang tidur meskipun hanya satu malam, maka hormon dalam tubuh akan terganggu seperti halnya hormon yang mengatur fungsi nafsu makan yang akan terganggu. Selain itu, efek negatif dari kurang tidur juga salah satunya bisa membuat seseorang menjadi lebih gemuk.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 dalam European Heart Journal juga menunjukan bahwa orang yang kurang tidur memiliki resiko sekitar 48% terserang penyakit jantung koroner dalam rentang 7 sampai 25 tahun. Selain itu, 15% resiko  serangan troke pada rentang waktu yang sama. Walaupun begitu, tidak hanya kurang tidur yang memiliki dampak negatif bagi kesehatan akan tetapi penelitian tersebut juga menunjukan terlalu banyak tidur beresiko lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner dan 65% lebih tinggi terkena stroke.

Oleh karena itu, panduan dasar waktu tidur dengan durasi ideal ini dikeluarkan oleh National Sleep Foundation (NSF). Panduan ini dibuat dan juga dikaji oleh berbagai lintas bidang ilmu diantaranya dari ahli neurologi, anatomi,  dokter kandungan, dokter anak,  psikiatri sampai dokter ahli lansia. Itulah sekilas tentang kebutuhan jam tidur berkualitas berdasarkan usia.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Kebutuhan Dan Pola Tidur Pada Bayi

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *