Kebutuhan Dan Pola Tidur Pada Bayi

Kebutuhan dan pola tidur pada bayi – Bayi memiliki kebiasaan lama tidur yang berbeda. Hal ini tergantung dari beberapa faktor, termasuk salah satunya berdasarkan usia bayi itu sendiri. Pada usia awal-awal kelahirannya, tentunya bayi memiliki jam tidur yang paling lama. Kemudian seiring usia bertambah, bayi mulai mengurangi jumlah jam tidurnya. Kebiasaan yang diterapkan oleh orang tuanya mengenai jam tidur, juga merupakan faktor penentu kebiasaan tidur anak. Oleh sebab itu, orang tua diharapkan memiliki peran yang sangat aktif dalam membentuk pola tidur bayi yang baik. Berikut ini gambaran umum (tidak serta merta setiap bayi sama) terkait jumlah jam tidur bayi berdasarkan usia:

Kebutuhan Dan Pola Tidur Pada Bayi

  1. Usia Bayi 1-4 minggu = Waktu Tidur 15 sampai 16 jam perhari

Bayi yang baru saja lahir biasanya minimun tidur 15 jam per hari, bahkan ada yang sampai 18 jam perhari. Sedangkan bayi yang terlahir secara prematur, biasanya memiliki waktu tidur yang lebih lama. Bayi yang baru saja lahir belum mengenal siklus waktu, dia belum mengenal malam ataupun siang, oleh sebab itu, tidurnya belum berpola, bisa saja dia seringkali tidur di siang hari atau sebaliknya.

  1. Usia Bayi 1 – 4 bulan = durasi tidur 14 sampai 15 jam per hari

Pada usia bayi satu bulan, bayi sedikit menemukan pola tidurnya. Ketika sekali tidur, bayi mampu menghabiskan 4-5 jam dan itu biasanya akan sering terjadi saat malam hari. Pada masa ini bayi sudah mulai bisa merasakan mana malam dan siang hari.

  1. Usia 4 – 12 bulan= dusrasi tidur 14 sampai 15 jam per hari

Tidur dengan waktu 15 jam merupakan ideal bagi bayi dengan usia tersebut, namun saat menginjak usia 11 bulan, biasanya bayi tidur dengan waktu sekitar 12 jam. Pada usia ini, memberi kebiasaan jam tidur bayi yang baik merupakan hal utama, karena bayi sudah mulai beinteraksi dan pola tidurnya dapat mengikuti orang dewasa. Jika orang tua gagal dalam menerapkan pola tidur yang baik pada masa ini, maka kebiasaan gagal tersebut terbawa sampai besar nanti.

  1. Usia 1 – 3 tahun = waktu tidur 12 – 14 jam perhari

Ketika memasuki usia ini, anak anda sudah mulai kehilangan pola tidur di pagi hari. Mereka masih tidur hanya pada siang hari, dan dilanjutkan pada malam harinya nanti. Anak-anak yang masih membutuhkan tidur siang biasanya saat usia 21 sampai 36 bulan, dan biasanya membutuhkan 3 sampai 4 jam. Pada malam hari biasanya anak akan tertidur antara jam 7 sampai jam 9 malam (tergantung kebiasaan) dan akan terbangun pagi harinya antara jam 6 ataupun jam 8.

  1. Usia 3 – 6 Tahun = durasi tidur 10 – 12 jam per hari

Anak-anak di usia ini akan pergi tidur malam mulai jam 7 atau jam 9 dan bangun antara jam 6 sampai jam 8 pagi. Pada usia 3 tahun, masih ada anak yang membutuhkan tidur siang, dan saat menginjak usia 5 tahun, kebiasaan tidur siang pun mulai ditinggalkan.

Jika jumlah tidur bayi tidak mencapai jumlah di atas, bisa dikatakan bahwa kualitas tidur bayi akan menurun. Ciri bayi/anak yang kurang waktu tidur, antara lain yaitu selalu tidur jika naik kendaraan, bangun pagi harus dibangunkan, dan rewel pada siang hari. Untuk mengubah pola ini, Anda perlu membantu anak terbiasa tidur yang baik dengan mengatur pola waktu tidur yang tepat. Itulah sekilas tentang kebutuhan dan pola tidur pada bayi.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Cara Mudah Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *