Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan

Manfaat Kembang KolKembang kol dapat dikatakan sebagai saudara dekat dari sayur brokoli. Sayur ini juga memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang tidak kalah hebatnya dari brokoli. Kuntum dari kembang kol dapat dimakan mentah dengan menjadikannya sebagai salah satu bahan untuk salad, dikukus, ataupun dijadikan sebagai bahan olahan sup dan hidangan sayuran untuk dimakan. Selain bagian putih kembang kol, bagian batang dan daunnya juga dapat diolah dan dimakan. Kebanyakan dari kita mungkin hanya mengetahui kembang kol yang berwarna putih. Namun, ternyata ada 3 varietas lainnya dari kembang kol selain yang berwarna putih, yaitu; kembang kol hijau (broccoflower), kembang kol ungu (memilii kandungan zat anti-oksidan anthocyanin yang mempengaruhi warnanya), dan kembang kol orange (memiliki kandungan vitamin A lebih banyak daripada kembang kol putih).

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan

Manfaat kembang kol sangatlah banyak sesuai dengan banyaknya kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Berikut ini kami uraikan apa saja kandungan nutrisi beserta manfaat kembang kol untuk anda dapat mengetahuinya;

  • Kembang kol merupakan sumber vitamin C (asam askorbat) yang dapat berperan penting dalam produksi kolagen untuk melindungi sendi dan tulang dari kerusakan akibat peradangan, dan dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Vitamin K (phylloquinone) dalam kembang kol dapat membantu mencegah kehilangan massa tulang baik itu yang ada pada pria maupun wanita, serta dapat menjaga kesehatan tulang.
  • Vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), dan B-6 efektif untuk menjaga kesehatan otak dan juga meningkatkan toleransi glukosa pada pasien diabetes gestasional.
  • Kaya akan mineral penting seperti kalsium, magnesium, kalium, kolin, fosfor, dan mangan tanpa adanya kandungan zat kolesterol berbahaya yang efektif dalam memperbaiki daya membran sel untuk menjaga fungsi dari sistem otak dan saraf.
  • Sumber protein dan memiliki jumlah lemak jenuh yang sangat rendah daripada lemak tak jenuhnya yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol daam darah.
  • Kaya akan antioksidan dan merupakan sumber senyawa phytochemical, berupa zat indoles (glucosinates, glucoraphanin, glucobrassicin, dan gluconasturtiian) yang berguna untuk menstimulasi pembetukan enzim melawan sel-sel penyebab penyakit kanker, melindungi sel-sel tubuh dari oksidasi akibat stres, membantu mencegah aliran darah tersumbat, menjaga pembuluh darah, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit aterosklerosis, dan mencegah kerusakan sel-sel yang disebabkan oleh radikal bebas.
  • Vitamin K-nya memiliki sifat anti radang.
  • Zat glukosinolat, glucoraphanin, dan sulforaphane pada kembang kol membantu melawan pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori dan melindungi lapisan perut.
  • Senyawa isothiocyanates dalam kembang kol mencegah risiko sakit maag, kanker usus besar, dan gangguan perut lainnya.
  • Senyawa Sulforaphan-nya melindungi jaringan retina dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif, mencegah adanya gangguan penglihatan, dan berbagai penyakit mata seperti katarak.
  • Serat dan asam lemak Omega-3 membantu mengurangi kolesterol jahat dan mencegah pengerasan arteri.
  • Zat kalium-nya membantu tubuh dalam menjaga fungsi sistem saraf dalam transmisi impuls saraf dan kontraksi otot, menjaga kesehatan otak, meningkatkan komunikasi yang tepat pada saraf dengan memproduksi berbagai neurotransmiter yang diperlukan termasuk dopamin dan norepinefrin.
  • Mengandung senyawa indoles, yang memiliki efek anti-obesitas.

Itulah kandungan nutrisi dan manfaat kembang kol untuk kalian ketahui. Sangat banyak sekali, bukan? Maka dari itu, rajinlah mengkonsumsi kembang kol untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita secara alami.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *