Kandungan dan Manfaat Ketimun untuk Kesehatan

Manfaat Ketimun untuk KesehatanKetimun merupakan sayuran yang memiliki kandungan air dan memiliki tekstur renyah dan juga memiliki nutrisi yang tak sekedar air dan elektrolit. Selain itu, sayuran ini juga sering dijadikan lalapan karena kandungan airnya yang banyak. Ketimun tak hanya dikonsumsi saja, namun juga biasa dijadikan obat yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan, sebab selain kandungan airnya yang tinggi, ketimun juga memiliki kandungan vitamin A, B, dan C serta mineral yang tinggi seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat ketimun menjadi bagian penting dalam kesehatan kulit. Bahkan buah ini juga biasa dijadikan masker untuk merawat wajah karena sari ketimun dipercaya mampu mengencangkan kulit. Selain itu, asam askorbat dan asam caffeic yang ada pada ketimun mampu menurunkan tingkat retensi air.

Kandungan dan Manfaat Ketimun untuk Kesehatan

Mengkonsumi dan menggunakan ketimun untuk kesehatan sangat dianjurkan para dokter, sebab dengan memanfaatkan kandungan bernutrisi dari buah ini juga sebagai kendali dari konsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimiawi yang tentu akan berefek samping pada tubuh serta kesehatan manusia.

Di bawah ini adalah ulasan kandungan dan manfaat ketimun untuk kesehatan. Di antara manfaat-manfaat ketimun yang luar biasa dari ketimun untuk digunakan sebagai perawatan kesehatan, yaitu;

  1. Kesehatan kulit dan rambut

Ketimun sangat baik untuk kesehatan kulit serta rambut. Contohnya saja saat ketimun dipakai untuk membantu mengurangi iritasi pada kulit yang terkena sengatan matahari. Cara pakainya adalah dengan menggosokkan kulit ketimun pada bagian kulit yang terkena luka atau iritasi. Ketimun juga memiliki kandungan sulfur dan silikon yang berguna untuk pertumbuhan rambut agar tetap sehat. Di samping itu, irisan ketimun juga sangat bermanfaat untuk meringankan bengkak di area bawah mata.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Salah satu manfaat terbaik dari kebiasaan mengkonsumsi ketimun ialah membantu para penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darahnya. Meminum jus ketimun bisa meningkatkan hormon khusus yang digunakan oleh sel-sel pankreas yang memproduksi insulin.

  1. Melawan Kanker

Ketimun memiliki kandungan 3 lignan, yaitu pinoresinol, lariciresinol serta secoisolariciresinol, yang dapat membantu mengurangi risiko terhadap berbagai jenis kanker, seperti kanker pada ovarium, kanker payudara, kanker prostat bahkan kanker rahim.

  1. Mengurangi sakit kepala dan mabuk

Mengunyah-ngunyah beberapa irisan ketimun sesaat sebelum tidur bisa membantu mengurangi sakit kepala atau mabuk ketika terbangun pada pagi hari. Hal ini disebabkan ketimun memiliki kandungan vitamin B, gula dan elektrolit yang bisa mengisi kekosongan nutrisi penting untuk tubuh.

  1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat ketimun untuk kesehatan juga telah dibuktikan oleh sejumlah peneliti yang telah menemukan bahwa ketimun memiliki kandungan sterol, yaitu senyawa yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Mengontrol tekanan darah

Ketimun juga mengandung magnesium, kalium dan serat yang bisa membantu mengontrol tekanan dalam darah. Dengan mengkonsumsi ketimun, bisa menjaga tekanan darah agar tak terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

  1. Membantu penurunan berat badan

Ketimun adalah jenis sayuran yang mengandung kalori yang sangat rendah sehingga berguna menurunkan berat badan yang berlebihan atau setidaknya tidak membuat berat badan terus bertambah. Ketimun juga bisa membantu untuk mencapai berat badan yang ideal.

  1. Meredakan nyeri sendi dan encok

Ketimun adalah sumber silika yang diketahui bisa memperkuat jaringan persendian. Jus ketimun juga mengandung kalsium, folat, potassium, magnesium, dan vitamin A, C, D, B1 bahkab B6 yang sangat bermanfaat. Sehingga, mengonsumsi ketimun setiap hari bisa mengurangi rasa nyeri persendian, encok serta menurunkan kadar asam urat.

Demikian tadi adalah ulasan tentang manfaat ketimun untuk kesehatan yang berguna untuk dijadikan sumber infomasi seputar kesehatan. Terimakasih dan selamat membaca.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Beberapa Manfaat Cabai Hijau

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *