Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Batuk

Makanan yang dilarang dimakan saat batuk – Batuk akibat flu maupun kelelahan dapat mengakibatkan kondisi tubuh mudah lemah. Batuk dapat menjadikan iritasi di bagian tenggorokan sehingga anda juga sulit makan dengan baik. Ada banyak penyebab batuk kering dan juga berdahak yang dapat menyerang siapa saja dengan sangat mudah, termasuk seperti debu, kualitas udara yang buruk, penyakit infeksi sera alergi. Pada saat batuk maka nafsu makan pastinya juga akan menurun sebab rasa tenggorokan yang tidak nyaman. Terlebih apabila anda menderita batuk kering yang menjadikan tenggorokan terasa sakit saat menelan dan juga penyebab radang tenggorokan.

Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Batuk

Memilih makanan yang tepat ternyata juga dapat membantu batuk cepat sembuh atau berkurang. Berikut beberapa jenis makanan yang dilarang dimakan saat batuk baik untuk orang dewasa atau untuk anak-anak.

  • Makanan Olahan

Makanan dari karbohidrat atau makanan yang diolah dapat mengakibatkan batuk anda lebih parah. Saat anda batuk maka sistem kekebalan tubuh akan menurun dengan sangat cepat. Selanjunya infeksi dapat menyebar dengan cepat atau batuk menjadi jauh lebih parah. Sementara kekebalan tubuh berfungsi untuk menjaga supaya tubuh tidak mudah sakit. Makanan olahan yang di peroleh dari sumber karbohidrat putih dapat mengakibatkan tubuh menjadi jauh lebih lemah. Beberapa makanan ini termasuk seperti roti putih dengan ragi, kentang goreng serta pasta.

  • Semua Makanan Yang Digoreng

Pada saat makanan digoreng maka makanan ini dapat melepaskan udara dengan proses akrolein. Proses yang terjadi di makanan inilah yang nantinya akan mengakibatkan batuk menjadi jauh lebih parah. Akrolein juga dapat mengakibatkan lendir di selaput lendir menjadi lebih banyak, sehingga kemungkinan batuk juga akan jauh lebih sering. Makanan yang digoreng juga terlalu keras atau kasar sehingga dapat menyakiti tenggorokan.

  • Susu Dan Produk Olahan Susu

Semua jenis susu dan juga produk olahan susu sudah terbukti mengakibatkan kelenjar lendir bekerja dengan sangat cepat. Hasilnya maka penumpukan lendir dapat terjadi di bagian paru-paru, tenggorokan serta saluran pernafasan. Apabila anda minum susu atau konsumsi produk olahan susu maka batuk dapat menjadi jauh lebih buruk. Untuk batuk yang disertai dengan peradangan dan juga infeksi maka batuk juga menjadi sulit disembuhkan. Bahkan susu ternyta dapat mengakibatkan kelenjar dan saluran pernafasan bekerja jauh lebih lambat sehingga ada resiko sesak nafas secara mendadak.

  • Buah Yang Mengandung Zat Asam Sitrat

Semua jenis buah yang di dalamnya mengandung asam sitrat memang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Akan tetapi bila dikonsumsi saat batuk maka dapat mengakibakan kenaikan asam sampai ke saluran pernafasan. Kondisi asam yang naik dari lambung ke saluran pernafasan ini dapat mengakibatkan lendir menumpuk di saluran pernafasan. Dampaknya dapat lebih berat sebab batuk menjadi lebih parah. Makanan ini juga dapat menghasilkan lendir yang lebih banyak sehingga menjadikan batuk akibat asma menjadi jauh lebih buruk. Beberapa buah yang di dalamnya mengandung asam sitrat dan seharusnya tidak dimakan saat batuk ialah pisang, mangga dan jeruk.

  • Makanan yang Didinginkan

Semua jenis makanan yang didinginkan lebih baik tidak dikonsumsi saat batuk. Terlebih apabila anda sedang flu atau terkena serangan asma maka batuk dapat bertambah parah. Semua jenis makanan dan minuman yang didinginkan dapat mengakibatkan lapisan di saluran pernafasan menjadi lebih kering, alhasil lendir yang lebih banyak dan mengakibatkan oksigen tidak masuk penuh ke saluran pernafasan. Itulah beberapa jenis makanan yang dilarang dimakan saat batuk, semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Beberapa Makanan Yang Dilarang Saat Haid

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *