Inilah Manfaat Jamur Tiram Yang perlu Anda Ketahui

Manfaat jamur tiram – Selama ini mungkin kita mengenal jamur tiram hanya bermanfaat sebagai lauk pelengkap ataupun jajanan ringan. Ternyata, jamur tiram menyimpan manfaat baik untuk kesehatan kita. Jamur tiram (oyster mushroom) mungkin sudah tak asing lagi di lidah kita. Bahan makanan yang bernama latin Pleurotus ostreatus sering kita konsumsi dalam bentuk tumisan, gorengan rebusan (sup). Jamur tiram mengandung benzaldehida. Oleh sebab itu terasa sedikit pahit, meskipun tidak terlalu kentara, sama seperti rasa pahitnya kacang almond.

Inilah Manfaat Jamur Tiram Yang perlu Anda Ketahui

Jamur tiram sudah lama digunakan masyarakat untuk mengatasi diabetes, infeksi,  kanker dan hiperlipidemia. Sampai saat ini, penelitian medis terhadap jamur tiram sudah  dilakukan di laboratorium dan terhadap binatang. Hasil dari berbagai penelitian tersebut menunjukkan potensi jamur ini sebagai antijamur, antitumor, pengatur sistem imun dan memberikan efek penurunan gula darah dan lipid darah. Tak hanya itu, jamur ini juga dapat membantu menyehatkan lingkungan. Berikut ulasan lengkap tentang manfaat jamur tiram:

  1. Pengendali kolestrol yang jahat

Nilai gizi jamur tiram setara dengan daging. Akan tetapi, yang membedakannya yaitu kandungan kolestrol 0% di dalamnya. Kelebihan jamur tiram jika dibandingkan dengan daging yaitu jamur tiram memberikan asupan gizi yang cukup tanpa menambah kolestrol jahat pada tubuh. Mengonsumsi jamur tiram secara rutin juga dapat menurunkan kadar kolestrol jahat pada tubuh.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat jamur tiram yang satu ini sudah dapat dibuktikan oleh para ahli kesehatan. Kandungan vitamin C di dalam jamur tiram berperan penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, jamur tiram juga memiliki kandungan magnesium yang juga baik untuk tubuh. Kandungan-kandungan tersebut membuat beberapa ahli merekomendasikan mengonsumsi jamur tiram secara teratur agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

  1. Asupan nutrisi untuk ibu hamil

Bagi wanita hamil yang tentunya membutuhkan nutrisi, bisa mengkonsumsi jamur tiram. Manfaat jamur tiram bagi  ibu hamil yaitu sebagai asupan nutrisi yang cukup dan diperlukan dalam sehari-hari agar tumbuh kembang janin semakin baik.

  1. Membantu melawan radikal bebas

Jamur tiram memiliki kandungan senyawa yang cukup penting dan diperlukan oleh tubuh yaitu niacin, riboflamin dan selenium. Antioksidan di dalamnya bisa melawan radikal bebas yang menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak.

  1. Sumber Protein Alternatif

Jamur tiram memiliki kandungan asam amino yang sangat lengkap. Karena itulah, protein pada jamur tiram kering bisa mencapai 10.5-30.4% yang berarti lebih tinggi dari beras yang hanya 7.3% dan gandum yakni 13.2%. Bahkan, yang lebih mencengangkan yaitu kandungan protein dalam jamur tiram bisa lebih tinggi dari susu sapi yang mencapai 25.2%.

  1. Pencegah penyakit kanker payudara

Pada jamur tiram terdapat asam linoleat dan beta-glucan. Untuk Beta-glucan sendiri bisa berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada pria. Sedangkan asam linoleat berperan untuk menekan timbulnya efek estrogen yang menyebabkan munculnya kanker payudara pada kaum hawa setelah menopause.

  1. Membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung

Zat ergosterol yang terkandung dalam jamur tiram akan berubah menjadi vitamin D ketika terkena sinar ultraviolet. Peran vitamin D disini untuk mengatur enzim kekebalan tubuh serta  mengatur berbagai gen yang dapat mempengaruhi pertumbuhan sel di dalam tubuh. Vitamin D pada jamur inilah yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Nah, mulai sekarang Anda tak perlu mempunyai pikiran bahwa jamur itu beracun atau hanya sebagai pilihan camilan yang mengenyangkan. Setelah mengetahui manfaat jamur tiram di atas, Anda dapat menganggap jamur tiram sebagai salah satu makanan yang memiliki gizi tinggi. Semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Tingginya Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Jamur Kancing

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *