Inilah Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Manfaat Jagung – Jagung merupakan tanaman yang mudah sekali untuk kita temui, rasanya yang manis dan enak membuat jagung banyak disukai. Tak hanya untuk dikomsumsi ternyata jagung juga memiliki banyak manfaat, baik bagi kesehatan ataupun sebagai obat herbal. Jika anda sedang menjalankan program diet, jagung adalah sumber energi pengganti nasi. Karena di dalam jagung terkandung serat dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Inilah Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Nama latin dari jagung yaitu zea mays, tanaman jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang sangat penting di dunia selain gandum dan padi. Di Indonesia sendiri banyak petani yang membudidayakan tanaman jagung, walaupun jagung bukan makanan pokok orang Indonesia namun tanaman jagung merupakan makanan pokok Negara Amerika selatan dan Amerika tengah.

Kandungan yang ada di dalam tanaman jagung ini sangat banyak mulai dari serat, karbohidrat, kalium, vitamin,  asam folat, asam linoleat, mineral, beta karoten, protein dan lain-lain. Tentunya kandungan tersebut memberikan manfaat dari masing-masing kandungan, yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

  1. Meningkatkan kesehatan organ pencernaan

Serat yang ada dalam jagung cukup tinggi dan serat tersebut dapat membantu proses pencernaan makanan agar lebih lancar. Berbagai masalah pencernaan seperti susah BAB tak akan menyiksa lagi.

  1. Memperkokoh Tulang

Jagung memiliki kandungan nutrisi antara lain besi, magnesium, fosfor dan tembaga. Berbagai nutrisi tersebut bisa menutrisi tulang untuk lebih kokoh dan kuat. Jagung bisa meminimalkan resiko terkena osteoporosis.

  1. Menjadikan kulit menjadi awet muda

Kandungan antioksidan di dalam jagung yang melimpah bisa membantu untuk menutrisi seluruh jaringan kulit pada tubuh. Jagung bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif agar kulit lebih awet muda dan tampil fresh.

  1. Mencegah Anemia

Salah satu gejala anemia yaitu sering pusing kepala. Jagung mengandung asam folat dan vitamin B yang berguna dalam mencegah anemia.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Jagung memiliki kandungan karotenoid, vitamin C dan bioflavonoid yang dapat berfungsi dalam mengontrol kandungan kadar kolesterol di dalam darah serta mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

  1. Menyehatkan Organ Penglihatan

Jagung adalah salah satu sumber beta karoten. Beta karoten merupakan pembentuk vitamin A dalam tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi jagung dalam batas yang normal dapat membantu dalam mencukupi nutrisi yang diperlukan organ mata.

  1. Mencegah Diabetes

Jagung memiliki kandungan fitokimia yang dapat mengatur penyerapan serta pelepasan hormon insulin dalam tubuh. Jagung adalah salah satu makanan yang bergizi yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh manusia.

  1. Menurunkan kolesterol jahat

Menurut penelitian, mengkonsumsi minyak kulit jagung dapat membantu dalam menurunkan kolesterol LDL. Penurunan kolesterol jahat tak berarti juga pengurangan kolesterol baik yang memiliki efek menguntungkan untuk tubuh, termasuk mencegah penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Energi

Jagung merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dalam jumlah yang banyak. Jagung juga bisa bermanfaat untuk tetap menjaga fungsi otak dan sistem saraf. Secangkir jagung memiliki kandungan sekitar 29 gr karbohidrat. Jagung cocok untuk atlet karena mereka memerlukan asupan karbohidrat yang banyak untuk mengoptimalkan kinerja latihan. Selain itu, jagung juga mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna secara lambat, sehingga memberi tingkat energi yang seimbang. Dianjurkan untuk mengkonsumsi jagung beberapa jam sebelum anda berolahraga untuk mencukupi kebutuhan energi. Itulah beberapa manfaat jagung untuk kesehatan. Semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Santan Untuk Kesehatan Tubuh

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *