Informasi Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Yang Bekerja

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Yang Bekerja – Wanita karir biasanya ingin selalu bisa tetap bekerja meskipun dalam kondisi sedang hamil. Namun, rasa gelisah muncul kala mengingat bahwa aktifitas kerja bisa menguras tenaga yang dapat menyebabkan kelelahan. Kekhawatiran akan kelelahan yang bisa membuat dampak buruk bagi kesehatan kehamilan bisa saja dialaminya. Lalu, bagaimana sebaiknya menjaga kesehatan ibu hamil yang bekerja?

Informasi Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Yang Bekerja

Ibu hamil yang ingin tetap bekerja harus bisa menyeimbangkan antara bekerja dan menjaga kehamilannya dengan tetap mengetahui kondisi kehamilannya sendiri. Aman atau tidaknya untuk bekerja itu tergantung dari kesehatan ibunya, kesehatan janin dalam kandungan, dan jenis pekerjaan yang dikerjakannya. Sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai kesehatannya dan bertanya-tanya bolehkah jika tetap menjalankan pekerjaan. Dengan bantuan dokter, ibu hamil bisa merencanakan masa waktunya bekerja dan berhenti bekerja. Untuk menjaga kesehatan ibu hamil yang bekerja, berikut ini hal-hal yang wajib untuk diperhatikan, yaitu:

  • asupan makan

Konsumsi 3 – 5 jenis makanan sehat setiap harinya, seperti misalnya keju, yogurt, kedelai, kecambah, kedelai, sayuran, buah-buahan, telur, dan susu. Setidaknya, konsumsi empat porsi kalsium dalam sehari, serta makanan dengan kandungan Folat dan Omega 3 yang  sangat penting untuk pertumbuhan janin.

  • Makanlah cemilan sehat

Orang hamil sebaiknya jangan merasa kelaparan. Rasa lapar akan membuat kadar gula dalam tubuh turun yang bisa menyebabkan mual. Siapkanlah cemilan sehat seperti buah dan telur rebus saat bekerja di kantor.

  • Hindari stress

Ibu hamil harus menjaga kesehatan mental dan fisiknya. Jangan sampai pekerjaan di kantor membuatnya stress yang bisa berakibat buruk pada janin dalam kandungannya.

  • Milikilah pola tidur yang baik

Ibu hamil jangan sampai kelelahan. Jagalah pola tidur dan jangan melakukan pekerjaan yang berat. Ibu hamil memerlukan waktu tidur 10 – 11 jam supaya sirkulasi darah ke janin lancar.

  • Jika perlu minum suplemen atau vitamin tambahan

Ini untuk melengkapi asupan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil.

  • Berolahraga ringan

Ibu hamil juga harus tetap berolahraga agar tetap bugar. Sebaiknya pilihlah yoga khusus ibu hamil dan bila sempat bisa juga dengan berjalan-jalan kecil di tempat kerja untuk mencegah varises atau pembengkakan pada kaki.

  • Jangan menggunakan sepatu hak tinggi

Ini berguna untuk menghindari sakit dan pegal di daerah pinggang, serta untuk menghindari resiko terjatuh yang bisa berakibat buruk.

  • Hindarilah anak tangga agar tidak cepat lelah

Jalan di anak tangga bisa menyebabkan rasa lelah. Bila ada gunakan lift atau escalator.

  • Perhatikan cara duduk

Sebaiknya duduklah dengan tegak di kursi. Bisa juga dengan menambahkan bantal supaya dapat meredakan rasa pegal di punggung.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu; waktu istirahat, hindari membungkuk lebih dari 10 kali perjam, hindari jangan terlalu lama berdiri, jangan bekerja lembur di malam hari, tidak boleh mengangkat beban terlalu berat, dan sebaiknya jangan bekerja di ruangan polusi asap, terdapat produk bahan kimia, radiasi, maupun pelarut tertentu yang berbahaya bagi kondisi janin.

Itulah hal-hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh ibu hamil guna menjaga kesehatan ibu hamil yang bekerja. Sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil yang bekerja, karena bila terjadi sesuatu pastilah akan berdampak pada janin yang dikandunganya. Hal-hal buruk tersebut haruslah dihindari karena pastilah tidak diinginkan terjadi.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Info Seputar Pengaruh Kesehatan Ibu Terhadap ASI (Air Susu Ibu)

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *