Informasi Berbagai Tips Cara Mengempiskan Gusi Bengkak

Informasi Berbagai Tips Cara Mengempiskan Gusi Bengkak

Tips Cara Mengempiskan Gusi Bengkak – Sakit gusi bengkak atau istilah medisnya adalah gingivitis merupakan peradangan dan infeksi yang terjadi pada jaringan gusi. Penyakit ini membuat rasa yang tidak nyaman pada mulut dan gigi, seperti rasa nyeri dan berdenyut hingga bagian kepala. Gusi bengkak ditandai dengan jaringan gusi yang berwarna kemerahan dan bengkak, saat menyikat gigi berdarah, rasa nyeri pada gusi, bau mulut, adanya nanah diantara gigi dan gusi, serta rasa tidak nyaman di mulut. Gusi bengkak tidak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa menyebabkan sakit gigi yang berkelanjutan. Gusi bengkak memang merupakan sakit yang umum ditemui. ada banyak faktor yang bisa menyebabkan gusi bengkak, diantaranya;

  • Infeksi bakteri dalam rongga mulut.
  • Menumpuknya plak atau karang gigi.
  • Kekurangan asupan gizi atau skorbut (kondisi tubuh yang kekurangan vitamin C).
  • Kurangnya menjaga kebersihan mulut dan gigi.
  • Pemasangan kawat gigi atau behel.
  • Pemasangan gigi palsu yang tidak tepat.
  • Mengkonsumsi makanan yang terlalu manis yang berlebihan dan tidak sehat.
Informasi Berbagai Tips Cara Mengempiskan Gusi Bengkak

Informasi Berbagai Tips Cara Mengempiskan Gusi Bengkak

Informasi Berbagai Tips Cara Mengempiskan Gusi Bengkak

Informasi Berbagai Tips Cara Mengempiskan Gusi Bengkak

Disini, kami memiliki tips cara mengempiskan gusi bengkak yang bisa anda lakukan di rumah guna mengatasi gusi bengkak yang anda ataupun keluarga anda derita. Tips cara mengempiskan gusi bengkak sebagai berikut;

  • Pertama, menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Ini hal utama yang harus dilakukan. Menjaga kebersihan gigi dan mulut bisa dilakukan dengan cara-cara berikut;

  • Menggosok gigi minimal 2 kali sehari pada pagi hari setelah sarapan dan sebelum tidur.
  • Bersihkan gigi dengan menggunakan benang khusus gigi (flossing).
  • Berkumur-kumur setelah makan. Bila perlu gunakan obat kumur.
  • Kedua, berkumur dengan menggunakan air garam yang hangat.

Ini termasuk cara mengempiskan gusi bengkak yang sudah kuno, namun masih sangat efektif dalam mengempiskan gusi bengkak karena air garam memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab gusi bengkak. Cara melakukannya: sediakan air hangat 1 gelas dan tambahkan satu sendok teh garam dapur. Aduk-aduk hingga terlarut dengan sempurna. Gunakan air tersebut untuk berkumur selama 1 menit sebanyak 4-5 kali sehari.

  • Ketiga, konsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C dan D

Makan makanan yang kaya kandungan vitamin C seperti jeruk, lemon, anggur, kiwi, mangga, stroberi, dan pepaya. Vitamin C merupakan zat antioksidan alami yang memiliki fungsi dapat mempromosikan pertumbuhan jaringan ikat dan regenerasi tulang, serta dapat menjaga kesehatan gusi. Sedangkan, vitamin D memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa berfungsi untuk mengobati gusi bengkak dan mencegahnya kambuh kembali.

  • Keempat, menggunakan obat herbal alami

Beberapa obat herbal dan ramuan alami berikut ini dapat digunakan dalam tips cara mengempiskan gusi bengkak. yaitu;

  • Kantung teh: kantung teh mengandung asam tannic yang bisa meringankan infeksi dan iritasi pada gusi bengkak. Cara menggunakannya cukuplah mudah. Celupkan kantong teh kedalam air panas, lalu angkat dan biarkan sampai dingin. Setelah dingin, tempelkan kantung teh ke bagian gusi bengkak selama 5 menit. Lakukanlah cara ini berulang hingga terasa mendingan.
  • Madu alami: sifat antiseptik dan anti-bakterial dalam madu dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Caranya dengan mengoleskan madu secukupnya  ke bagian gusi bengkak setelah menyikat gigi.
  • Kelima, melakukan pemijatan gusi

Pijatan gusi juga bisa dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak karena bisa mengurangi rasa sakit. Caranya; gunakan jari telunjuk untuk memijat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkar. Lakukan pemijatan hingga nyeri gusi bengkak reda.

Gangguan pada gusi memang menyebabkan gigi dan mulut terasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, segera tanggani gusi bengkak yang anda derita dengan tips cara mengempiskan gusi bengkak yang kami berikan. Jangan lupa pula untuk terus menjaga kebersihan gigi, gusi, dan mulut. Setidaknya lakukanlah perawatan ke dokter gigi enam bulan sekali untuk memiliki gigi dan gusi yang sehat.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Tips Cara Cepat Mengempiskan Gondongan Dengan Menggunakan Obat Herbal

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *