Info Seputar Pengaruh Kesehatan Ibu Terhadap ASI (Air Susu Ibu)

 

Pengaruh Kesehatan Ibu Terhadap ASI – ASI merupakan makanan utama yang paling baik dan mudah diterima oleh bayi. ASI mengambil peranan yang teramat penting bagi pertumbuhan bayi secara jasmani dan rohani.

Info Seputar Pengaruh Kesehatan Ibu Terhadap ASI (Air Susu Ibu)

Manfaat ASI sangatlah banyak, baik itu dari segi kesehatan maupun segi psikologisnya, yaitu; dari segi kesehatan, ASI berfungsi memberikan daya kekebalan tubuh (imunitas) alami yang dibutuhkan bayi dan membentuk tubuh yang kuat. Sedangkan dari segi psikologis, proses menyusui bisa memberikan rasa tenang dan damai bagi si bayi. Hal inilah yang akan membantu pertumbuhan jiwa anak normal. Sedangkan, bila dibandingkan dengan bayi yang diberi susu instan akan lebih sedikit merasakan kehangatan dan kelembutan, serta kasih sayang dari ibunya. Dari hal-hal tersebut dapat dipastikan pengaruh ASI yang penting untuk bayi.

Dalam berbagai penelitian telah diketahui bahwa ASI kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Kandungan-kandungan nutrisi yang terdapat dalam ASI, yaitu: kolostrum, protein, lemak, laktosa, vitamin a, zat besi, taurin, laktobasilus, laktoferin, serta lisozim. Faktanya, apa yang dimakan ibu akan dirasakan pula oleh bayi melalui ASI sehingga memang benar adanya pengaruh kesehatan ibu terhadap ASI yang dikeluarkannya. Seorang ibu harus menjaga pola makan yang sehat dan seimbang selama menyusui. Ibu menyusui yang sehat akan menghasilkan banyak ASI yang cukup untuk kebutuhan bayinya. Menu makanan bisa divariasikan supaya kualitas ASI yang dihasilkan bisa tetap terjaga. Untuk menambah produksi ASI yang melimpah, biasanya para pakar kesehatan menyarankan ibu hamil dan menyusui untuk banyak mengkonsumsi sayur katuk dan sari kedelai. Dengan produksi ASI yang banyak, bayi pun tidak akan kekurangan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan fisik dan mentalnya.

Selain dari segi makanan, ibu menyusui juga harus memperhatikan kesehatan psikologisnya.  Secara psikologi pengaruh kesehatan ibu terhadap ASI dapat membuat produksi ASI bermasalah, seperti ASI hanya keluar sedikit, dan bahkan bisa tidak keluar sama sekali. Pada proses penyaluran ASI dari kelenjar ASI ke puting payudara membutuhkan adanya hormon oksitosin. hormon oksitosin ini berfungsi merangsang sel-sel otot pada payudara untuk mengeluarkan ASI yang dibutuhkan oleh bayi. Hormon ini bisa dirangsang oleh adanya hisapan pada bayi dan juga oleh suasana psikologis ibunya. Ibu yang bahagia yang dipenuhi pikiran positif serta ditambah dengan adanya kegiatan yang penuh kasih sayang saat mengusap bayi atau menggendong bayi ternyata bisa memberikan pengaruh besar dalam merangsang munculnya hormon oksitosin agar produksi ASI bisa lancar. Namun, bila ibunya memiliki banyak kekhawatiran , bahkan tidak bisa memberikan perawatan terbaik pada bayi dan memiliki pikiran-pikiran negative hingga mengalami stress bisa menghambat munculnya hormon oksitosin. ASI pun bisa berhenti mengalir dan tidak dapat dikeluarkan. Hal tersebutlah yang harus dihindari supaya ibu dan anak bisa saling berkembang dengan baik.

Selain itu, ibu yang sakit juga bisa berpengaruh terhadap ASI yang dihasilkannya. Dalam banyak kasus, ibu yang mengalami demam dan flu juga bisa membuat bayinya merasakan sakit yang sama. Pengaruh kesehatan ibu terhadap ASI sudah jelas dan banyak bukti nyatanya. Oleh sebad itu, wajib bagi ibu yang baru melahirkan dan ibu menyusui untuk menjaga kondisi kesehatan fisik maupun psikologisnya supaya bisa memberikan kebutuhan yng cukup bagi buah hatinya, terutama kebutuhan akan nutrisi dari ASI-nya.

Semoga apa yang disampaikan mengenai pengaruh kesehatan ibu terhadap ASI ini bisa bermanfaat. Simak informasi-informasi dari kami lainnya.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Seputar Informasi Kesehatan Ibu Hamil Saat Puasa

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *