Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Pada Kondisi Kesehatan Ibu Hamil 9 Bulan

Kondisi Kesehatan Ibu Hamil 9 Bulan – Usia kehamilan 9 bulan merupakan masa-masa menanti kelahiran bayi. Biasanya, hal yang sering dialami oleh ibu hamil adalah masalah psikis seperti cemas berlebih, depresi, stress yang bisa menganggu persiapan melahirkan, terutama bagi calon ibu pertama. Kondisi kesehatan ibu hamil 9 bulan berbeda-beda. Ada banyak pula yang mengalami keluhan kondisi fisik.

Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Pada Kondisi Kesehatan Ibu Hamil 9 Bulan

Ibu hamil harus lebih cermat dalam merasakan kondisinya baik secara normal maupun yang abnormal. Karena, berbagai keluhan bisa berakibat pada kesehatan ibu dan janin. Untuk itu, ibu hamil harus secara rutin melakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Gangguan kesehatan yang biasanya mengganggu kondisi kesehatan ibu hamil 9 bulan adalah gangguan pernapasan seperti sesak nafas. Gangguan ini terjadi dikarenakan janin telah tumbuh besar dan menekan diafragma ibu. Selain itu, secara fisik kaki ibu hamil akan bengkak. Kaki yang bengkak pada ibu hamil terjadi karena adanya varises vena. Cara mengatasinya adalah dengan berjalan kaki secara ringan untuk dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga dapat mengalir ke seluruh tubuh. Ibu hamil 9 bulan juga sering mengalami yang namanya kontrasksi paslsu atau istilah medisnya Braxton Hicks. Hal ini wajar terjadi karena janin sedang mempersiapkan diri untuk keluar. Namun, hal yang harus diwaspadai dalam kondisi kesehatan ibu hamil 9 bulan adalah mengalami kepala pusing dan lemas. Ini bisa terjadi bila mana sang ibu kekurangan darah. Perlu diperiksakan ke dokter untuk mengatasinya. Keluhan lainnya, seperti kram pada kaki, tubuh tidak nyaman, dan rasa gatal di perut juga sering dialami oleh ibu hmil 9 bulan.

Kondisi kesehatan ibu hamil 9 bulan secara fisik dan psikis dapat diatasi dengan beberapa solusi berikut ini:

  • Mengatur pola makan yang sesuai dengan pencernaan masing-masing ibu hamil.
  • Makan buah-buahan dan biscuit sebagai camilan agar tidak merasa lapar.
  • Makan dalam porsi kecil namun sering supaya mengurangi rasa panas di ulu hati.
  • Memperhatikan posisi tubuh saat duduk, berdiri, ataupun berbaring.
  • Hindari membungkuk yang terlalu sering.
  • Lakukan relaksasi seperti yoga khusus ibu hamil.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi pada ibu dan janin dengan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, seperti zat besi yang ada pada sayuran hijau, kacang hijau, telur, ikan, daging tanpa lemak, tahu, dan tempe.
  • Kurangi makanan yang tinggi kadar garamnya.
  • Penuhi kebutuhan vitamin, kalsium dan asam folat.
  • Hindari mengangkat beban berat agar tidak terpeleset dan jatuh.
  • Lakukan olahraga ringan secara rutin.
  • Istirahat yang cukup.
  • Hindari beberapa kebiasaan yang merugikan, seperti; menahan buang air kecil, merokok, minum alcohol, mengkonsumsi minuman mengandung kafein, serta makan makanan yang mengandung zat pewarna dan pengawet buatan.

Sebagai tambahan, pada usia kehamilan 9 bulan, saatnya untuk ibu hamil mempersiapkan proses persalinan. Hal-hal yang perlu dicermati, yaitu pemilihan metode persalinan, pemilihan tempat melahirkan, menyiapkan perlengkapan bayi yang baru lahir, serta persiapan-persiapan lainnya yang dibutuhkan. Lakukanlah dengan tepat dan jangan sampai panik karena kepanikan bisa mengganggu kondisi kesehatan ibu hamil 9 bulan.

Semoga informasi yang disampaikan ini mengenai hal-hal yang perlu diketahui pada kondisi kesehatan ibu hamil 9 bulan bisa menjadi inspirasi bagi anda dan bermanfaat. Selamat menjadi ibu!

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Seputar Tips Kesehatan Ibu Hamil 6 Bulan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *