Gejala Virus Herpes Dan Bagaimana Pengobatannya

Herpes adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. Virus herpes menyerang saraf tepi, oleh karena itu jangan heran kalau rasanya sangat sakit. Selain menimbulkan sakit saat masih luka, rasa sakit juga masih akan tetap di rasakan meskipun luka sudah kering dan sudah sembuh.

Gejala Virus Herpes Dan Bagaimana Pengobatannya

Herpes adalah salah satu jenis penyakit yang mudah sekali untuk menular, jadi hati-hati dan jagalah kontak fisik dengan penderita herpes. Herpes itu juga di bedakan menjadi beberapa macam, sesuai dengan penyebabnya yakni herpes simplek yang ditandai dengan luka seperti berisi air dan melepuh, herpes zoster adalah jenis herpes yang terjadi karena penyakit varisella yang kambuh lagi, herpes genital yang ada di daerah alat kelamin, herpes labialis jika herpes ada pada bibir.

Adapun gejala penyakit herpes secara umum ditandai dengan terbuka, kulit retak atau merah daerah sekitar alat kelamin tanpa rasa gatal, sakit atau nyeri. Nyeri atau gatal di sekitar alat kelamin ataupun daerah anus. Lepuh-lepuh kecil yang mudah pecah dan dapat menyebabkan luka terbuka yang nyeri di sekitar alat kelamin  atau pada paha, bokong,  atau daerah dubur. Walaupun jarang, dapat juga ditemukan dalam uretra atau saluran kencing. Nyeri saat buang air kecil (disaat air seni atau urin melewati luka) terutama ditemukan pada wanita. Gejalanya mirip flu, seperti pembengkakan kelenjar getah bening, demam,  mudah lelah dan sakit kepala.

Karena herpes adalah penyakit yang diakibatkan oleh virus, obatnya pun yang harus untuk membunuh virus bukan antibiotik yang berguna untuk membunuh bakteri. Beberapa jenis obat-obatan anti virus yang dapat digunakan untuk mengatasi herpes antara lain seperti valasiklovir, asyclovir dan famsiklovir. Obat-obatan tersebut khusus untuk mengobati segala jenis penyakit yang berasal dari virus. Jadi janganlah berasumsi semua penyakit dapat sembuh dengan antibiotik. Karena terlalu banyak untuk mengkonsumsi antibiotik justru sangat merugikan tubuh karena tubuh akan resisten dengan antibiotik tersebut. Sama halnya dengan pilek, flu atau pilek adalah suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, jadi pemberian antibiotik sebenarnya kurang berarti untuk sakit pilek.

Sebenarnya belum ditemukan cara pengobatan penyakit herpes yang tepat. Langkah pengobatan medis di ambil untuk mengurangi gejala yang muncul akibat penyakit herpes. Selain itu juga untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah terjadinya komplikasi. Adapun beberapa cara untuk mengobati penyakit herpes adalah sebagai berikut;

  1. Menjaga agar gelembung-gelembung yang berisikan air tidak pecah.
  2. Sering-sering menaburkan bedak talk ke bagian tubuh yang ruam atau pada bagian yang terkena herpes.
  3. Sebagai pengobatan tradisional, kita dapat mengoleskan daun sangjo yang sudah ditumbuk halus.
  4. Menjaga kebersihan tubuh dengan cara menerapkan pola hidup sehat yang benar.
  5. Mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri, misalnya parasetamol maupun obat-obatan lainnya yang dianjurkan oleh dokter.

Seperti yang telah kita ketahui, herpes adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Vasela-Zoster yang aktif kembali saat sistem metabolisme tubuh menurun. Maka dari itu, agar metabolisme kita tak menurun, diperlukan pola hidup sehat, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Makanan-makanan sehat dapat didapatkan dari beberapa jenis makanan berikut ini;  buah-buahan yang mengandung antioksidan, sayur-sayuran segar, susu, ikan, telur dan lain-lain. itulah informasi tentang Virus Herpes Dan Pengobatannya yang perlu anda ketahui. semoga bermanfaat….!

 

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Gejala Virus Rubella Dan Pengobatannya

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *