Dampak Negatif Jarang Berolahraga

Dampak negatif jarang berolahraga – Anda mungkin sering mendengar bahwa olahraga itu sangat penting dan baik bagi kesehatan dan ternyata memang benar adanya bukan hanya isapan jempol belaka. Tubuh yang seringkali berolahraga akan menjadi lebih bugar dan sehat. Ada banyak jenis olahraga yang bisa anda lakukan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda masing-masing. Bagi anda yang sudah lanjut usia dan hamil pun saat ini sudah ada olahraga khusus dengan mengkombinasikan berbagai gerakan dan juga memaksimalkan keuntungan bagi kesehatan anda. Lalu apa sajakah dampak negatif jarang berolahraga? Berikut ini ulasanya;

Dampak Negatif Jarang Berolahraga

  1. Badan menjadi kurang fit

Efek samping kurang olahraga yang pertama yaitu badan kita terasa kurang fit. Padahal, badan yang fit dan segar bugar merupakan kunci dari segala aktivitas yang kita lakukan setiap harinya. Ketika badan kita kurang fit dan kurang segar, maka tentu saja hal ini membuat setiap aktivitas yang kita jalan tiap harinya menjadi sangat membosankan dan juga tidak menarik.

  1. Daya tahan tubuh menurun

Olahraga berkaitan dengan metabolism tubuh. Ketika kita melakukan olahraga secara teratur, maka hal ini akan membuat metabolism tubuh kita menjadi terjaga dengan baik. Metabolisme tubuh ini, sangat berhubungan erat dengan daya tahan tubuh kita. Daya tahan tubuh yang baik akan didapatkan ketika kita rajin dan rutin melakukan olahraga. Sebaliknya, ketika kita jarang melakukan gerakan-gerakan olahraga, maka hal ini akan membantu daya tahan tubuh kita pun menjadi menurun, dan menyebabkan gangguan kesehatan. Paling tidak saat daya tahan tubuh kita menurun, kita akan mudah terserang penyakit, baik penyakit ringan maupun penyakit yang sangat berat sekalipun.

  1. Berat badan tidak terkontrol

Ini merupakan salah satu dampak yang mudah terjadi dan mudah dirasakan oleh siapapun yang jarang melakukan olahraga. Mereka yang kurang berolahraga akan mengalami kondisi berat badan yang tak terkontrol. Berat badan yang tak terkontrol ini tidak hanya terpaku pada berat badan yang berlebih, namun juga termasuk didalamnya berat badan yang terlalu kurus. Ketika anda kurang melakukan olahraga, maka hal ini menyebabkan berat badan anda menjadi tidak terkontrol, dan tentunya memberikan dampak bagi tubuh seperti : obesitas, tubuh menjadi lemas, nafsu makan yang tidak normal, kekurangan berat badan dan banyak lagi dampak lainnya.

  1. Fungsi organ tubuh menurun

Dampak dan efek samping dari kurang olahraga yang lainnya yaitu fungsi dari organ tubuh menurun. Hal ini berhubungan dengan kondisi tubuh, terutama yang memiliki berat badan yang tak terkontrol. Selain itu, organ – organ tubuh, seperti jantung, ketika tak dimanfaatkan kapasitasnya dengan melakukan olahraga, maka kerjanya menurun. Bandingkan mereka yang senang berolahraga dengan yang kurang berolahraga. Kerja jantung tentu akan lebih kuat dan juga napas mereka akan lebih ‘panjang’ jika rajin dan selalu berolahraga dengan teratur, berbeda dengan mereka yang jarang berolahraga.

  1. Obesitas

Kurang olahraga, apalagi ditambah dengan pola makan yang tak teratur dan pola hidup yang tidak sehat akan menyebabkan siapapun dapat mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Ketika hal ini terjadi, tubuh akan terlalu berat, dan nantinya akan muncul berbagai macam gejala penyakit yang dapat mengganggu kesehatan anda.

Itu tadi beberapa dampak negatif jarang berolahraga yang perlu anda ketahui. Agar terhindar dari berbagai  macam penyakit, sebaiknya anda melakukan olah raga secara teratur. Semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Dampak Buruk Kurang Minum

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *