Dampak Merokok Bagi Kesehatan

Dampak Merokok Bagi Kesehatan – Merokok merupakan suatu hal yang biasa dan bukanlah  hal yang aneh. Di keseharian kita, baik itu di lingkungan keluarga kita, di tempat kerja sampai jalanan umum kita bisa melihat orang-orang yang merokok. Merokok seolah menjadi bagian yang tak bisa terpisahkan dalam kehidupan masyarakat. Tapi di balik itu, rokok juga bisa memberikan efek yang buruk bagi kesehatan baik itu untuk para perokok aktif ataupun perokok pasif yang hanya terpapar asap dari perokok aktif. Dampak merokok bagi kesehatan tidak terlepas zat-zat berbahaya yang terkandung di dalamnya. Dalam 1 batang rokok ada kurang lebih tiga ribu macam zat. Namun hanya 700 zat saja yang bisa dikenali. Merokok tidak hanya bisa memicu munculnya 1 penyakit mematikan saja, tapi lebih dari itu. Sekitar 50% perokok aktif yang ada di dunia meninggal disebabkan penyakit yang muncul  karena kebiasaaan merokok. Berikut ini adalah dampak merokok bagi kesehatan yang harus anda ketahui.

Dampak Merokok Bagi Kesehatan

  1. Kanker

Merokok bisa menyebabkan kanker paru-paru. Resiko kematian karena penyakit ini  23 kali lebih tinggi pada laki-laki perokok aktif dan 13 kali lebih tinggi pada wanita perokok. Sebuah penelitian menunjukkan jika seseorang yang tinggal bersama perokok mempunyai resiko 24 kali lebih tinggi untuk terserang penyakit kanker paru-paru. Selain kanker paru-paru, merokok juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya lainya seperti kanker kantung kencing, faring, ginjal, esopagus, kanker rongga mulut, pita suara, pankreas, kanker serviks dan juga perut.

  1. Gangguan janin

Kebiasaan merokok juga bis berdampak buruk terhadap kesehatan janin yang ada dalam kandungan. Merokok bisa meningkatkan kematian bayi, keguguran, bayi lahir dengan BB yang rendah dan  sindrom bayi meninggal mendadak.

  1. Penyakit jantung

Merokok bisa mengakibatkan aterosklerosis atau pengerasan di pembuluh darah. Keadaan seperti ini diakibatkan penumpukan zat lemak di arteri, plak dan juga lemak yang memblok aliran darah dan membuat penyempitan pada pembuluh darah. Inilah yang memicu munculnya penyakit jantung. Jantung dipaksa bekerja lebih keras yang  pada akhirnya mengakibatkan nyeri dada. Bila salah satu arteri benar-benar terblokir, maka serangan jantung bisa terjadi.

  1. Penyakit paru-paru

Dampak Merokok Bagi Kesehatan lainya adalah risiko terkena penyakit pneumonia, bronkitis kronis, emfisema. Penyakit paru-paru bisa bertambah buruk seiring waktu berjalan hingga orang tersebut meninggal karena kondisi kesehatan tersebut.

  1. Diabetes

Menurut beberapa penelitian, kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan resiko terserang penyakit diabetes. Rokok juga bisa menyebabkan komplikasi dari penyakit diabetes, seperti penyakit mata, stroke, penyakit jantung, penyakit ginjal, masalah kaki dan penyakit pembuluh darah,

  1. Menyebabkan kebutaan

Dampak merokok bagi kesehata lainya adalah meningkatkan resiko degenerasi makula yakni penyebab utama kebutaan yang dialami oleh para orang tua. Beberapa penelitian menyebutkan jika orang yang merokok beresiko 4 x lebih tinggi mengalami degenarasi makula dari pada orang-orang yang tidak merokok.

  1. Impotensi

Rokok merupaka faktor utama yang bisa menyebabkan munculnya penyakit pembuluh darah perifer yang bisa mempersempit pembuluh darah. Pembuluh darah yanga da alat reproduksi pria mungkin juga bisa terpengaruh dan akhirnya menyebabkan disfungsi impoten.

Selain menimbulkan beberapa penyakit merokok juga bisa memicu timbulnya tingkat stres yang cukup tinggi dari pada mereka yang tidak merokok. Jadi sebaiknya kita menghindari kebiasaan merokok, atau bahkan meninggalkanya agar kesehatan kita tetap terjaga. Demikianlah uraian tentang Dampak Merokok Bagi Kesehatan.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Perlunya Istirahat Dan Tidur bagi Ibu Hamil

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *