Dampak Membuang Sampah Sembarangan

Dampak Membuang Sampah Sembarangan  – Lingkungan merupakan sumber daya alam yang memiliki arti penting  bagi kehidupan manusia. Jika lingkungan tidak ada,  maka kehidupanpun juga tidak akan ada. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan dengan sebaik-baiknya. Masalah utama yang kerap di hadapi masyarakat modern sekarang ini adalah sampah. Sampah bukan sesuatu yang baru dalam kehidupan masyarakat.  Bila kita mendengar kata sampah, yang terlintas difikiran kita pasti semacam limbah, kotoran dan sekumpulan benda yang dibuang dan menimbulkan bau yang busuk. Sampah merupakan salah satu masalah sosial yang mau tidak mau harus kita hadapi. Ironisnya, ditengah-tengah masalah sampah yang tak kunjung selesai, masih banyak orang yang suka membuang sampah sembarangan. Jika ini terus berlanjut dan dibiarkan saja, maka akan banyak sekali dampak buruk yang ditimbulkan dari sampah tersebut. Adapun Dampak Membuang Sampah Sembarangan adalah seperti berikut ini.

Dampak Membuang Sampah Sembarangan

  1. Pencermaran udara (Menimbulkan bau Busuk). Di tempat-tempat umum seperti di jalan, taman dan tempat rekreasi jika ada sampah yang berserakan pasti akan mengganggu orang-orang yang sedang beristirahat. Selain merusak pemandangan, bau yang muncul dari sampah tersebut pastinya akan sangat mengganggu.
  2. Menyebabkan Banjir. Sampah yang kita buang secara sembarangan setiap harinya di selokan atau sungai, meskipun sedikit, namun lambat laut akan menumpuk dan membuat gorong-gorong dan bendungan sungai tersumbat. Pada akhirnya, penumpukan tersebut akan menghambat aliran sungai yang membuat air sungai meluap dan terjadilah banjir.
  3. Menimbulkan berbagai macam pSampah yang dibuang secara sembarangan dan dibiarakan, akan membusuk dan bisa menjadi sarang untuk beberapa organisme. Sampah tersebut akan menjadi tempat yang menarik untuk berbagai macam binatang seperti nyamuk dan lalat yang bisa menimbulkan beberapa penyakit. Beberapa penyakit yang mungkin ditimbulkan dari penumpukan sampah adalah  diare, tifus, kolera. Resiko terkena penyakit DBD juga meningkat karena sampah yang dibuang secara sembarangan. Selain itu, penyakit jamur seperti jamur kulit juga bisa menyebar karena  dampak buruk sampah.
  4. mencemari Air (Laut dan Sungai). Sampah yang dibuang secara sembarangan di sungai selain bisa menyebabkan banjir, juga bisa mencemari air, baik dari bau, rasa dan warnadari air tersebut. Sampah yang dibuang sembarangan ke laut juga akan berdampak buruk dan merugikan masyarakat,  karena bisa  mencemari air laut dan mengganggu ekosistem di laut. Pantai yang bersih juga akan menjadi kotor karena sampah tersebut. Di jepang telah dilaporkan kira – kira 40.000 orang telah meninggal karena mengkonsumsi ikan yang sudah terkontaminasi oleh air raksa ( Hg ). Raksa tersebut berasal dari sampah yang dibuang oleh pabrik yang memproduksi baterai ke laut. Penyakit yang muncul karena sampah tersebut ialah demam berdarah,gangguan pernapasan da gatal-gatal.

Selain Dampak Membuang Sampah Sembarangan diatas, masih ada dampak lain, yakni dampak dalam hal sosial ekonomi.  Sampah yang dibuang secara sembarangan bisa mempengaruhi lingkungan, menimbulkan bau yang tidak sedap dan juga merusak pemandangan. Jika dibiarkan ini akan memberikan dampak yang buruk untuk kepariwisataan.  Tempat wisata yang dicemari sampah akan membuat tempat tersebut di cap buruk oleh para wisatawan, yang membuat mereka enggan untuk mengunjungi tempat wisata itu lagi. Ini tentunya akan mempengaruhi penghasilan suatu kota. Dengan dampak buruk yang bisa ditimbulkan sampah, sudah seharusnya kita lebih bisa menjaga lingkungan dan mulai membiasakan diri untuk membuang sampah di tempat yang seharusnya.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Kebiasan Buruk Akibat Malas

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *