Cara Mudah Menjaga Kebersihan Air

Cara mudah menjaga kebersihan air – Air merupakan suatu unsur yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan air, kita dapat melakukan kegiatan sehari-hari sesuai dengan keinginan kita dan mengkonsumsinya agar tetap hidup. Bahkan bukan manusia saja yang membutuhkan, namun makhluk hidup sangat butuh terhadap air. Bisa dilihat bahwa dalam persentasenya bumi hampir di kelilingi oleh air, sehingga bisa dibilang air merupakan denyut nadi untuk kelangsungan kehidupan manusia. Dengan itu, sangat diperlukannya untuk menjaga pelestarian dan kebersihan air agar tak menjadi bencana dan merusak kesehatan. Berikut beberapa cara mudah menjaga kebersihan air agar aman untuk dipakai:

Cara Mudah Menjaga Kebersihan Air

  1. Mendaur ulang barang bekas

Barang-barang yang tak didaur ulang seringkali dibuang ke air seperti laut atau sungai. Misalnya Anda membuang plastic atau puntung rokok sembarangan. Benda ini memberi efek yang sangat buruk pada air dan tanah. Maka dari itu lakukan daur ulang bahan bekas yang Anda miliki. Selain menghemat biaya, Anda juga tak mengotori lingkungan air bukan?

  1. Minimalkan penggunaan bahan kimia

Meminimalkan atau menghilangkan penggunaan bahan kimia merupakan cara yang tepat untuk melindungi perairan global. Ketika bahan kimia larut dalam air, mereka mampu menghancurkan ekosistem. Zat kimia yang ada di air bisa menghancurkan alga yang menjadi makanan plankton.

  1. Buang bahan kimia secara benar

Bahan berbahaya seperti oli motor, cat dan kimia dengan benar. Jangan buang di sungai yang bisa mencemarkan air dan kehidupan masyarakat. Masih banyak makhluk hidup yang menggantungkan hidupnya dari sungai.

  1. Mengurangi penggunaan air

Kurangilah penggunaan air Anda untuk menjaga pasokan air bersih. Penggunaan air yang tak bertanggung jawab dapat menyebabkan terjadinya kekeringan. Jangan mandi terlalu lama dan matikan keran setelah selesai mandi. Ketika membersihkan mobil, gunakan ember untuk mengisi air. Penggunaan air akan semakin boros saat Anda menggunakan selang, karena Anda tidak bisa membatasi penggunaan air.

  1. Menjaga lingkungan

Bersihkanlah sampah di sepanjang sungai, pantai, atau di sepanjang jalan. Jika Anda memiliki anak-anak, gunakanlah kesempatan ini untuk mengajarkan mereka bagaimana sampah mampu mencemari lingkungan. Kebiasaan ini akan berdampak panjang bagi kebersihan air.

  1. Menanam pohon

Hutan di sepanjang aliran air sangat bertindak sebagai penyaring, sehingga melestarikan atau penanaman pohon di sepanjang sungai juga dapat membantu untuk menjaga saluran air bersih. Tanaman yang hijau berperan dalam mencegah polusi udara, air dan tanah.

  1. Mengadakan penyuluhan

Sampai saat ini, masih banyak masyarakat yang belum sadar betapa  pentingnya dalam menjaga kebersihan dan kelestarian air. Maka dari itu, sangat diperlukan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kelestarian dan kebersihan air di lingkungan masyarakat saat ini. Hal ini sangat dibutuhkan agar masyarakat saat ini sadar bahwa air sangat penting dalam kehidupan. Penyuluhan-penyuluhan tersebut bisa berupa seminar-seminar terkait pentingnya menjaga kelestarian air. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan mengajak masyarakat untuk gotong royong dan kerja bakti bersama untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan yang dapat mencemari kelestarian air.

  1. Pengecekan saluran pipa air secara rutin

Pengecekan pipa air dengan rutin sangatlah penting karena jika pipa-pipa air tersebut bocor dan air-air yang keluar, maka akan menyebabkan terjadinya pemborosan air. Ini akan mengakibatkan kebersihan dan kelestarian air berkurang sehingga nanti akan terjadi kebutuhan air yang tinggi di kalangan masyarakat.

Itulah beberapa cara mudah menjaga kebersihan yang bisa kita lakukan. Semoga bermanfaat!

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Cara Mudah Menjaga Kebersihan Dapur

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *