Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak Sekolah

Kesehatan gigi anak sekolah – Gigi sebetulnya sudah ada pada anak-anak, bahkan semenjak masih berusia bayi. Hanya saja gigi ini masih tersembunyi berada di bagian bawah gusi. Gigi pertama yang akan tumbuh pada anak ini dinamakan gigi susu, untuk mengajarkan anak dalam mengunyah makanan yang sifatnya padat. Dan, setelah waktunya tiba, gigi susu ini akan tanggal dengan sendirinya, yang selanjutnya akan diganti dengan gigi permanen. Jadi, gigi susu ini juga mempunyai fungsi untuk menyediakan tempat bagi gigi permanen. Yang pastinya gigi susu yang dirawat dengan baik juga akan menjadikan gigi permanen tumbuh dengan baik dan teratur.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak Sekolah

Lalu bagaimana cara merawat gigi dan juga mulut pada anak tersebut, supaya tidak mempengaruhi pertumbuhan gigi nantinya. Berikut beberapa tips yang bisa di lakukan anda sebagai orang tua :

  • Ajarkanlah pada anak untuk sering membersihkan gigi susu setiap hari. Orangtua juga dapat mengajarkan anak dengan memakai sikat gigi khusus untuk usia anak balita dengan bulu yang jauh lebih lembut, sehingga tidak menjadikan gusi dan gigi merasa tidak nyaman.
  • Anak usia balita yang sekitar 2 tahun sudah dapat diberi sikat gigi dengan bulu lembut. Akan tetapi, jangan berikan dulu pasta gigi. Cukup memberi air bersih biasa untuk menyikat gigi anak.
  • Jangan biasakan anak tidur sambil botol susu masih melekat di mulutnya. Sebab hal ini menjadikan karies dan email gigi rusak, yang pastinya akan berpengaruh pada mulut anak.
  • Apabila anak sudah mengenal makanan maupun minuman yang manis seperti permen, alangkah lebih baik jangan terlalu dituruti untuk lebih sering diberikan. Sebab, pengaruh dari makanan maupun minuman yang manis ini dapat di lihat sebelumnya. Orangtua dapat mengalihkan cemilan ke makanan yang lebih sehat seperti buah maupun sayuran.
  • Pada saat membersihkan gigi anak, ajarkanlah pada anak untuk dapat membersih giginya sendiri serta bagaimana cara untuk merawat kesehatan gigi dengan baik dan juga benar.
  • Bawa anak ke dokter gigi dengan rutin, dan biasanya sekitar 6 bulan sekali. Hal ini dapat di lakukan sejak anak berusia 1 tahunan.

Lalu bagaimana tips dalam menjaga kesehatan gigi anak sekolah? Kebersihan pada gigi memang akan sangat berpengaruh pada kesehatan mulut. Sebab anak yang telah menginjak usia sekolah tentu sudah mencoba bermacam jenis makanan yang mempunyai pengaruh pada pertumbuhan dan juga kesehatan gigi. Nah, ini pastinya akan berpengaruh pada kesehatan mulut anak  seperti menyebabkan bau mulut sampai kerusakan gigi sejak dini. Lalu apa saja tips dalam menjaga kesehatan gigi dan juga mulut pada anak usia sekolah yang baik? Silahkan simak berikut ini :

  1. Pastikanlah anak menyikat gigi sekurang-kurangnya 2 kali dalam satu hari. Pilih juga pasta gigi dengan kandungan fluoride yang baik untuk kesehatan gigi anak.
  2. Pastikan juga anak melakukan flossing pada gigi minimal satu kali sehari.
  3. Bawa anak untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Ini merupakan cara yang harus orangtua lakukan dengan rutin.

Dengan beberapa tips kesehatan gigi anak sekolah di atas, pastinya anda sebagai orangtua sudah bisa menjaga kesehatan gigi dan juga mulut anak-anaknya supaya tumbuh dengan sehat. Bila hal tersebut di lakukan dengan rutin, maka ini pastinya akan menjadi kebiasan yang baik juga pada anak. Semoga bermanfaat.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Cara Menjaga Kesehatan Gizi Anak Usia Dini

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *