Cara Menjaga Kesehatan Anak Berkebutuhan Khusus

Cara Menjaga Kesehatan Anak Berkebutuhan Khusus

Kesehatan anak berkebutuhan khusus – Anak merupakan anugerah untuk orangtuanya. Sebab orangtua akan menjaga anaknya dengan baik sampai menjadi orang yang sukses di masa yang akan datang. Memang menjadi orangtua dan mengasuh si anak adalah pekerjaan yang menyenangkan, penuh tantangan, sekaligus berbagai emosi yang ada di dalamnya. Terlebih bila si buah hati mempunyai kebutuhan khusus. Dan sebagai orangtua, anda harus berusaha supaya mereka bisa berpotensi maksimal dan mencapai kebahagiaannya. Dengan perencanaan yang matang, cinta serta dukungan maka anak dengan kebutuhan khusus ini bisa belajar, tumbuh serta berkembang dengan maksimal. Akan tetapi, anda juga juga harus pintar membagi waktu antara merawat  buah hati dan aktivitas yang lain.

Lalu bagaimana caranya…? Untuk itu, simak tips menjaga kesehatan anak berkebutuhan khusus berikut ini :

  1. Salurkan emosi dengan benar

Sangat wajar jika para orangtua mengalami masa penuh tekanan pada saat pertama kali menghadapi buah hati mereka yang mempunyai kebutuhan khusus. Masih banyak orangtua yang malu bila mempunyai anak seperti ini, padahal yang harus di lakukan ialah menerima dan mulai merencanakan berbagai kebutuhan untuk sang buah hati. Untuk itu, bagi keluarga dengan anak berkebutuhan khusus harus mempunyai sikap yang gigih, berpikiran terbuka, fleksibel serta mempunyai pengetahuan yang positif.

2. Terima dan beri dukungan

Pada saat anda tengah hamil, mungkin anda bermimpi untuk mengajarkan anak berenang, bermain piano, balet, dan lainnya. Akan tetapi, impian tersebut telah kandas bila anda mengetahui bahwa sang anak memerlukan perhatian khusus. Untuk iu, ubah impian tersebut menjadi mulai menerima kemampuan yang dimiliki sang buah hati yang mempunyai kebutuhan khusus. Keluarga juga harus belajar memberi rasa toleransi serta menghilangkan perasaan ambigu. Bila anda dapat menerima dan merawatnya dengan baik, maka akan sangat membantu  berkembang sekaligus melihat potensi dan juga kekuatan mereka.

3. Lebih sabar menghadapi

Rasa stres dan frustasi mungkin akan muncul dengan sangat mudah pada saat menghadapi buah hati yang mempunyai keperluan khusus, termasuk buah hati anda. Pada saat bertemu dengan dokter dan menghadapi masalah di sekolahnya, sebagai orangtua anda harus dapat menarik nafas dalam sebelum memberi reaksi apapun. Anda juga di sarankan supaya para orangtua lebih santai dan juga fokus dengan apa yang bisa dilakukan saat ini, untuk nantinya mempermudah situasi penerimaan. Jangan banyak mencemaskan masa depan dan juga hal yang belum terjadi di masa depan.

4. Buat hidup lebih teratur

Anda juga harus lebih ketat melakukan pola hidup yang teratur bila mempunyai buah hati yang yang kebutuhan khusus. Jika buah hati anda harus konsumsi obat-obatan dalam jangka waktu sekian jam, maka hal ini tidak boleh terlewatkan, termasuk jika ada latihan atau jadwal mengunjungi terapis.

5. Istirahat cukup

Mempunyai buah hati dengan mempunyai kebutuhan khusus memang mengeluarkan energi yang sangat ekstra. Akan tetapi, tidak berarti anda mengabaikan kesehatan dan waktu istirahat yang memang diperlukan oleh tubuh. Menjaga kesehatan tubuh ini sama pentingnya dengan cara merawat si buah hati. Maka dari itu, anda harus memperoleh istirahat dan nutrisi yang baik setiap hari. Berbaring sejenak saat dia tengah melakukan latihan dengan terapis.

Bagaimanapun, anak adalah anugerah terindah yang diberi Tuhan untuk anda. untuk itu, anda harus merawat dan juga mengasuh anak sebaik mungkin supaya ia dapat menjadi seseorang yang berhasil di masa mendatang. Itulah beberapa cara menjaga kesehatan anak berkebutuhan khusus yang bisa anda jadikan sebagai refrensi, semoga bermanfaat…

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia 1 Tahun

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *