Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit

Cara menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit – Anak adalah buah hati dari seorang ibu dan ayah, melihat anak bisa tertawa itu sudah lebih dari cukup membuat hati kedua orang tua senang dan juga bahagia. Setiap orang tua tentunya mendambakan anaknya riang dan ceria terlebih disaat ia tengah asyik bermain itu sungguh moment kebahagian tersendiri untuk orang tua. Akan tetapi tidak semua anak dapat bermain ceria seterusnya sebab suatu saat anak pasti akan jatuh sakit.

Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit

Menjaga kesehatan anak memang sangat penting, sebagai penerus bangsa anak juga harus dijaga selama ia belum besar dan dapat menjaga dirinya sendiri. Baik itu dari segi makanan, tempat bermain hingga saat ia tengah menyendiri. Tugas kita sebagai orang tua setidaknya mengetahui apa saja yang mengakibatkan anak sakit dan bagaimana cara mencegah agar anak tidak mudah sakit. Untuk itu, anda bisa simak beberapa cara menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit di bawah ini :

1. Perhatikan Pola Makan Anak

Supaya anak tidak mudah sakit, anda harus memperhatikan pola makan anak dan keperluan gizi lain seperti vitamin dan juga nutrisi. Yang pasti berilah makan anak dengan teratur dan terjadwal, tidak lupa juga untuk memberi makanan 4 sehat 5 sempurna, sebab bila terpenuhi maka anak akan cukup memperoleh asupan gizi sehingga imunitasnya pun kian kuat, jadi anak tidak akan mudah sakit.

2. Menjaga Kebersihan Anak

Sebagai orang tua yang sangat sayang terhadap anaknya, orang tua harus wajib menjaga kebersihan sekitar dan juga makanan yang dimakan anak, dan hal yang perlu diperhatikan ialah menjaga kebersihan gigi, kuku serta pakaian anak. Sebab dari situlah sumber terkecil kuman untuk menyerang sistem imunitas maupun kekebalan tubuh sang anak.

3. Berikanlah Anak Istirahat

Istirahatkanlah anak yang cukup supaya anak bisa meringankan beban pikiran otaknya selama dia ada di sekolah atau dirumah, bahkan selain itu istirahat yang cukup ini juga bisa membantu tumbuh kembang anak dengan baik. Anda bisa memberi waktu istirahat yang cukup untuk anak, dan usahakanlah berikan anak istirahat 8 jam sehari supaya anak tetap sehat dan tidak mudah sakit.

4. Cepat Bertindak Saat Terjadi Apa-apa Pada Anak

Hal yang di maksud disini ialah supaya orangtua cepat bertindak pada saat terjadi apa-apa dengan anak, entah itu masalah di sekolah, dirumah maupun dengan teman-temannya. Sebab bila orangtua selalu tanggap dengan keluhan anaknya maka perasaan beban anak akan berkurang, sehingga nantinya mengurangi anak untuk berpikir keras yang akan menjadikan mudah sakit.

Dan supaya hal hal yang tidak di inginkan terjadi alangkah lebih baik orang tua harus cepat tanggap bila sesuatu terjadi masalah pada anak. Misalnya pada saat anak tengah sakit kepala, demam, batuk maupun penyakit yang lain bawa segera ia ke dokter dan jangan pernah meremehkan sakitnya. Selain itu, anda sebagai orangtua harus perlu mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan dengan mandiri supaya anak dapat menjaga kebersihan dirinya sendiri pada saat anda tengah tidak ada dirumah. Demikian artikel terkait cara menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit.

Semoga dengan mengetahui cara menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit diatas, anda sebagai orangtua harus lebih tanggap. Semoga bermanfaat.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Cara Menjaga Kesehatan Anak Musisi Ahmad Dhani

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *