Besarnya Manfaat Jamur Kuping Untuk Kesehatan

Manfaat Jamur Kuping Jamur kuping merupakan salah satu jenis jamur yang dapat dimakan. Jamur kuping enak dijadikan olahan hidangan sup maupun tumisan. Ciri-ciri yang ada pada jamur kuping, yaitu:

  1. Daging jamur ini memiliki tekstur tipis, kenyal, dan bentuknya menyerupai cuping telinga dengan berdiameter 2-15 cm.
  2. Jamur ini memiliki warna bervariasi, yaitu hitam, coklat tua, dan coklat kehitaman.
  3. Dalam keadaan kering, tekstur dagingnya menjadi keras.
  4. Proses reproduktifnya ada dua jenis, yaitu reproduksi vegetative (dengan cara konidia, bertunas, dan fragmentasi miselium) dan reproduksi generative (menggunakan alat basidium dan menghasilkan spora yang disebut basidiospora).
  5. Siklus hidupnya menghasilkan banyak spora berbentuk kecil dan ringan pada saat tubuh buah sudah menua.

Besarnya Manfaat Jamur Kuping Untuk Kesehatan

Melalui penelitian ahli telah diketahui bahwa manfaat jamur kuping ini sangatlah banyak  karena kandungan gizi yang dimilikinya cukup lengkap. Kandungan nutrisinya, yaitu; air, protein, karbohidrat, serat, vitamin (thiamin, asam pantotenat, niacin, vitamin B6, riboflavin, dan folat), dan mineral (kalsium, zat besi, magnesium, kalium, fosfor, dan natrium). Diantaranya, manfaat jamur kuping, yaitu:

  • Menurunkan resiko gangguan kardiovaskular

Berdasarkan penelitian juga diketahui bahwa jamur kuping memiliki kandungan polarisakarida yang dipercaya active sebagai cardioprotoctive untuk meningkatkan aktivitas superoksida dismutase dalam tubuh dan mengurangi peroksidasi lipid, sehingga bisa membantu menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular.

  • Dapat mencegah gangguan Alzheimer

Ekstrak zat polisakarida dalam jamur kuping diketahui dapat membantu menghambat enzim kunci penyebab penyakit Alzheimer, sehingga jamur kuping ini akan sangat baik dikonsumsi oleh para orang tua.

  • Mencegah iritasi dan peradangan

Kandungan nutrisi dari jamur kuping dapat dijadikan sebagai anti-inflamasi untuk mengobati iritasi dan peradangan yang terjadi pada selaput lendir.

  • Mampu membantu menurunkan kolesterol

Kandungan polarisakaridanya juga mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL).

  • Mencegah anemia

Kandungan zat besi dalam jamur kuping sangatlah tinggi. Zat besi sangat penting dalam proses produksi sel-sel darah. Mengkonsumsi jamur kuping 99 gram per hari dapat memenuhi kebutuhan zat besi 3%  dalam tubuh.

  • Dapat dimanfaatkan sebagai penangkal radikal bebas alami

Vitamin B2 (riboflavin) dalam jamur kuping mampu bertindak sebagai anti-oksidan alami yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat adanya pengaruh radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini ataupun penyebab  meningkatkan resiko terkena suatu penyakit.

  • Mengobati stroke dan penyakit jantung

Stroke dan penyakit jantung merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya penggumpalan darah dalam tubuh yang mengakibatkan tersumbatnya aliran darah yang menuju ke jantung maupun ke otak. Jamur kuping rebus diketahui dapat membantu menurunkan resiko terjadinya penyakit ini dengan membantu proses pengenceran darah dan dapat menyeimbangkan aliran darah dalam tubuh.

  • Mampu menghilangkan efek racun

Lendir dari jamur kuping dapat dimanfaatkan untuk mengobati tubuh yang mengalami keracunan. Jamur kuping ini dapat digunakan sebagai penangkal racun, seperti racun residu pestisida, racun nabati, bahkan racun dari logam berat.

  • Menurunkan resiko stress

Kandungan vitamin B-2 pada jamur kuping mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh guna menghindari stress.

Itulah manfaat jamur kuping untuk kesehatan kita. Sangat banyak sekali bukan manfaatnya? Bila ada ingin merasakan manfaat jamur kuping untuk kesehatan anda, perbanyaklah makan jamur kucing.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *