Berbagai Khasiat Dan Manfaat Buah Nanas

Khasiat Dan Manfaat Buah Nanas – Buah satu ini yang memiliki nama latin Ananas comosus L merupakan salah satu buah tropis yang memiliki banyak kandungan air yang rasanya asam, namun segar dan bernutrisi untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi didalamnya, yaitu; Vitamin (Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C), mineral (natrium, kalsium, zat besi, fosfor, sukrosa, dektrosa, kalium, mangan, folat, senk, tembaga), enzim (bromelain, proteiolitik), senyawa anti-oksidan, Flavonoid, beta-karoten, asam amino, dan serat. Tingginya kandungan nutrisi yang dimiliki oleh buah nanas, menjadikannya salah satu buah yang memiliki banyak khasiat dan manfaat. Buah nanas juga termasuk buah yang rendah kandungan kolesterolnya.

Berbagai Khasiat Dan Manfaat Buah Nanas

Khasiat dan manfaat buah nanas beragam, baik itu untuk kesehatan tubuh hingga untuk kecantikan. Berikut ini khasiat dan manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh;

  • Mengkonsumsi buah nanas dalam porsi yang tepat dapat membantu dalam melancarkan pencernaan, mengurangi peradangan, membantu memecah protein hewani, melindungi mata, membangun sistem kekebalan tubuh, melawan radikal bebas, menjaga kesehatan pembuluh darah, mencegah pengumpalan darah, memperkuat otot, mengubah karbohidrat menjadi energi, menjaga kesehatan gusi, meningkatkan fungsi sistem saraf yang tepat, membuat tulang dan gigi kuat, mengatur tekanan darah, mendukung fungsi ginjal, mendukung kesehatan kulit, menstabilkan gula darah untuk mencegah diabetes dan gangguan metabolism tubuh, serta kalorinya yang rendah dapat digunakan untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan.
  • Buah nanas juga membantu dalam mengatasi berbagai penyakit, seperti: mengatasi virus flu dan pilek, bisul, luka bakar, peradangan pada kulit, mengatasi sembelit, mencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut, meredakan asam lambung, mencegah osteoporosis, mengatasi hipertensi, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi nyeri sendi, mengatasi sakit tenggorokan akibat bronchitis dan asma, mengurangi pembengkakan pasca operasi, mengurangi resiko penyakit gondok, meredakan sembelit, mengeluarkan parasit dari hati dan usus, dan mengatasi perut kembung.

Buah nanas dapat dinikmati sebagai kudapan dengan cara dimakan langsung, dibuat rujak, dijadikan asinan, maupun dibuat menjadi minuman jus yang menyegarkan. Selain untuk kesehatan, khasiat dan manfaat buah nanas juga bisa untuk perawatan kecantikan tubuh, yaitu sebagai berikut:

  • Menjaga elastisitas kulit:

Asam amino dan vitamin C dalam nanas  dapat memperbaiki sel-sel dan jaringan kulit yang rusak. Caranya dengan menjadikan nanas sebagai masker alami. Blender buah nanas lalu aplikasikan pada wajah. Tunggu hingga 10 menit. Kemudian, basuh wajah dengan air hangat.

  • Memperbaiki kulit kaki:

Caranya dengan menjadikan buah nanas sebagai scrub untuk meluluhkan kulit bersisik dan tumit kaki yang pecah-pecah.

  • Melembabkan kulit:

Penggunaannya; haluskan 3 sendok makan buah nanas segar. Tambahkan kuning telur dan sedikit susu. Oleskan di daerah kulit kering. Biarkan selama beberapa menit. Cuci dengan air hangat.

  • Mengembalikan kesehatan bibir dn mengatasi bibir pecah-pecah:

Caranya; campurkan nanas yg dihaluskan dengan minyak kelapa dan oleskan di bibir. Ini bisa juga untuk memberikan kilau alami pada bibir.

  • Menyuburkan rambut dan mengatasi ketombe:

Caranya; sediakan seperempat buah nanas, kupas kulitnya. Parut dan peras nanas tersebut, lalu saring. Tambahkan 1 perasan jeruk nipis. Aduk hingga rata. Gosokkan pada kulit kepala yang berketombe. Lakukan pada malam hari sebelum tidur. Keesokannya, keramaslah. Lakukan perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Serba-Serbi 1001 Khasiat Daun Pandan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *