Akibat Kebiasaan Buruk Makan Tidak Teratur

Akibat kebiasaan buruk makan tidak teratur – Makan teratur merupakan salah satu kunci untuk memiliki tubuh yang bugar dan sehat, apalagi asupan nutrisi yang kita konsumsi seimbang maka tak hanya sehat namun sistem didalam tubuh juga akan berjalan dengan baik sesuai tugas masing-masing sehingga kita terhindar dari berbagai macam penyakit seperti maag dan lainnya. akan tetapi kenyataannya masih banyak orang yang pola makannya tak teratur karena berbagai alasan, biasanya alasan yang paling klasik yaitu sibuk mengurus pekerjaan sehingga tidak sempat makan tepat waktu. Tahukah anda bahwa makan yang tak teratur ternyata berdampak negatif bagi tubuh kita, berikut beberapa akibat kebiasaan buruk makan tidak teratur.

Akibat Kebiasaan Buruk Makan Tidak Teratur

  1. Perubahan Hormon

Makan tidak teratur akan membuat hormon didalam tubuh menjadi tidak seimbang, disaat kita melewatkan makan siang maka hormon kortisol meningkat sehingga hal ini bisa menyebabkan berat badan meningkat. Jika sudah tiba waktu makan, maka segeralah makan. Karena jika anda melewatkan waktu makan siang maka akan mempengaruhi hormon didalam tubuh. Dan efeknya akan menimbulkan ketegangan pada kortisol dalam tubuh anda. Selain itu seringkali melewatkan jadwal makan juga sangat berpengaruh terhadap berat badan. Jadi ingatlah jam dimana anda makan atau tidak.

  1. Masalah pencernaan

Makan tidak teratur dapat membuat anda berhadapan dengan masalah pencernaan karena makan tak teratur dapat merusak fungsi sistem pencernaan yang tadinya sehat menjadi rusak dan susah membuang air besar. Jadi makanlah 3 kali dalam sehari untuk tetap menjaga fungsi pencernaan anda.

  1. Fluktuasi glukosa dalam tubuh

Makan tidak teratur akan berpengaruh pada berat badan, bahkan dapat mengakibatkan penyakit diabetes. Maka dari itu anda harus memperhatikan betul makanan yang anda konsumsi dan belajarlah untuk makan secara teratur agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu makan tak teratur dapat mempengaruhi fluktuasi dalam tubuh.

  1. Mempengaruhi kebiasaan makan

Biasanya kalau sudah terbiasa dengan melewatkan waktu makan makan anda akan terus mengulanginya.

  1. Mudah lelah

Seseorang yang membiasakan diri makan tak teratur akan berdampak pada kebugaran tubuh. Biasanya orang seperti itu akan mudah lelah karena lambatnya sistem metabolisme dan mempengaruhi fungsi normal dari keseluruhan sistem tubuh sehingga berdampak pada tubuh yang mudah merasakan capek dan lelah.

  1. Komplikasi diabetes

Jika makan tidak teratur hati-hati bagi anda yang mempunyai penyakit diabetes karena jika anda terbiasa melewatkan waktu makan maka akan berdampak serius pada kesehatan tubuh dan membuat penyakit diabetes anda lebih parah.

  1. Gangguan Penyerapan Gizi

Kebiasaan makan tidak teratur bisa menyebabkan gangguan penyerapan gizi pada tubuh. Hal ini karena sistem yang membutuhkan gizi dan berbagai macam vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan proses metabolisme dapat menghambat aktivitas. Selain itu, jika mengalami kekurangan zat tersebut maka akan berakibat pada tubuh yang mengambil gizi dan vitamin dari bagian tubuh yang lain. Padahal vitamin dan gizi tersebut sudah memiliki peran masing-masing.

  1. Timbulnya Penyakit

Penyakit yang seringkali muncul jika pola makan tidak teratur adalah maag. Hal ini karena organ lambung kita tidak bekerja sesuai dengan waktunya. Lambung akan sangat tak terbiasa dengan pola makan yang terus berganti-ganti. Akibatnya lambung tak bisa menyesuaikan waktu kerjanya, sehingga akan merusak bagian lambung itu sendiri.

Itulah beberapa akibat kebiasaan buruk makan tidak teratur yang wajib untuk anda ketahui. Semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Dampak Membuang Sampah Sembarangan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *