8 Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru

8 Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru – Paru-paru adalah organ tubuh yang ada di dalam dada. Paru-paru melakukan peran utama dalam sistem pernafasan. Fungsi utama paru-paru yaitu menukarkan oksigen dengan karbondioksida atau yang biasanya dikenal sebagai proses bernafas. Paru-paru memiliki peran dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan menajdi salah satu sistem ekskresi. Organ paru-paru ada pada mamalia termasuk manusia.

8 Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru

8 Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru adalah bagian yang terdiri sebagian besar dari gelembung. Gelembung-gelembung ini yang menjadi tempat pertukaran antara oksigen dengan karbondioksidsa.  Paru-paru merupakan organ yang sangat penting di dalam tubuh manusia, oleh sebab itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru agar dapat bekerja lebih optimal. Ada beberapa tips menjaga kesehatan paru-paru seperti berikut ini.

  1. Belajar cara bernafas yang baik

Mengetahui bagaimanakah cara bernafas dengan baik dan benar diperlukan khususnya bagi anda yang sedang mengalami gangguan pernafasan. Anda dapat mempelajarinya dari orang yang lebih ahli seperti dokter dan terapis.

  1. Minumlah air putih secukupnya

Air putih merupakan obat dari segala penyakit di dalam tubuh. Air putih memilki kandungan oksigen yang akan membuat paru-paru bekerja lebih optimal, seperti disegarkan oleh air putih. Air putih juga dapat membersihkan segala lender atau kotoran yang ada di paru-paru. Minumlah air putih 8 gelas per hari.

  1. Olahraga secara rutin

Dengan melakukan olahraga yang rutin anda dapat melatih pernafasan dan bisa mengencangkan otot-otot pernafasan sehingga dapat bernafas dengan baik. Anda harus melakukan olahraga yang berat namun, juga dapat dengan melakukan tips olahraga ringan saja seperti jalan kaki atau jogging setiap pagi dan sore hari.

  1. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Konsumsilah makanan yang sehat dan makanan yang mengandung antioksidan seperti jeruk karena dapat menyehatkan paru-paru. Usahakan untuk tidak memakan makanan yang mengandung banyak lemak terutama lemak jenuh. Pastikan anda mengkonsumsi makanan yang gizinya seimbang.

  1. Hindarilah perilaku merokok dan tempat yang berasap

Bagi para perokok aktif, pastinya bukan menjadi hal yang baru bahwa dirinya akan beresiko tinggi terkena penyakit paru-paru. Namun bahaya perokok pasif yang menghirup asap rokok juga berresiko bahkan lebih besar terkena penyakit paru-paru. Polusi juga dapat menyebabkan kerja paru-paru berat dan juga menyebabkan penyakit paru-paru.

  1. Menjaga berat badan ideal

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat memicu timbulnya berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, paru-paru dan jantung. Badan yang terlalu gemuk bisa membuat kerja paru-paru dan jantung lebih berat karena orang gemuk membutuhkan oksigen yang lebih banyak. Oleh karena itu sebaiknya anda menjaga berat badan agar lebih ideal sehingga anda dapat lebih sehat dan terhindari dari berbagai jenis penyakit.

  1. Tidak makan minuman dan makanan yang dingin

Menghindari sebisa mungkin minuman dan makanan yang dingin sangat dianjurkan karena jaringan pada di paru-paru sangat sensitif terhadap suhu dingin, bahkan dapat membekukan pembuluh darah. Oleh sebab itu, sebaiknya makanlah saat masih hangat saja.

  1. Hindarilah makan makanan yang bergas

Makanan dan juga minuman yang mengandung gas seperti bahaya minuman bersoda, bahaya nangka, alkohol, brokoli, kubis,  bawang merah, melon, timun, lobak, kol dan lainnya. Makanan yang bergas dapat membuat pernafasan menjadi tidak enak.

Itulah informasi tentang tips menjaga kesehatan paru-paru. Semoga bermanfaat !

Baca juga artikel sebelumnya ya…

Tips menjaga kesehatan jantung

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *