8 Tips Menjaga Kesehatan Lambung1

8 Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Tips Menjaga Kesehatan Lambung – Lambung merupakan organ pencernaan yang ada di bagian perut manusia. Lambung yang sehat bisa menjalankan tugasnya dengan baik yaitu untuk menampung dan mencerna makanan sekaligus menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Jika organ lambung mengalami gangguan, nutrisi dalam makanan tak dapat dicerna secara maksimal dan perut akan terasa tidak enak. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan lambung sangat penting agar kita dapat nyaman menyantap makanan dan kebutuhan akan nutrisi juga terpenuhi.

8 Tips Menjaga Kesehatan Lambung1

8 Tips Menjaga Kesehatan Lambung1

Berikut ini tips menjaga kesehatan lambung untuk Anda:

  1. Kurangi makanan yang pedas dan asam

Makanan yang pedas dan asam dapat memicu naiknya asam lambung. Sebisa mungkin hindarilah makanan asam dan pedas ini apalagi jika Anda memiliki gangguan lambung seperti maag. Kurangi konsumsi kafein yang bisa membuat lambung perih.

  1. Kurangi minuman bersoda

Minuman bersoda sangat tak baik untuk lambung karena kandungan soda bisa membuat perut tidak nyaman.

  1. Perbanyaklah makan sayur dan buah

Serat yang dikandung oleh sayur dan buah baik bagi pencernaan. Mengkonsumsi sayur dan buah akan menurunkan resiko terkena penyakit asam lambung. Akan tetapi , usahakan untuk menghindari buah-buahan yang memiliki keasaman tinggi seperti nanas atau jeruk.

  1. Makanlah secara teratur

Makan teratur akan membuat lambung terbiasa dengan pola makan yang sudah Anda atur. Jika sudah waktunya diisi tetapi lambung masih kosong, asam lambung akan tetap berproduksi. Meskipun dalam jumlah sedikit, asam lambung ini dapat menyebabkan gangguan lambung seperti perut kembung, perih dan begah.

  1. Hindarilah stress

Stress dapat memicu produksi asam lambung yang membuat lambung Anda bermasalah. Kurangilah stress dengan berjalan-jalan, beristirahat cukup dan rileks dari pekerjaan yang terlalu berat.

  1. Lakukan olahraga secara teratur

Salah satu permasalahan yang datang pada lambung yaitu lemak di perut. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan lambung, Anda wajib menurunkan lemak di perut dan salah satu caranya yaitu dengan melakukan 0lahraga yang bisa membakar kalori. Olahraga aerobik merupakan cara yang paling efektif untuk menyingkirkan lemak di dalam perut. Bahkan dalam penelitian tersebut dijelaskan juga bahwa latihan aerobik dapat membantu tubuh untuk menghilangkan lemak visceral di dalam perut dan bukanlah hanya lemak subkutan yang ada di bawah kulit. Beberapa aerobik yang dapat Anda lakukan sehari-hari yaitu berenang, jogging, berlari, berjalan, kickboxing dan menari.

  1. Membiasakan mengunyah makanan lebih lama

Lambung bekerja terlalu berat dalam proses mencerna makanan yang dikonsumsi maka dapat menyebabkan dinding organ terlalu sering bergesekan. Akibatnya bagian dinding lambung dapat terluka. Untuk mencegah hal tersebut, para ahli kesehatan sangat menganjurkan untuk lebih lama saat mengunyah makanan. Biarkanlah sampai tekstur makanan yang nantinya diserap oleh tubuh menjadi lebih lembut. Selain itu, dengan mengunyah makanan lebih lama maka makanan akan dinetralkan oleh air liur kita, sehingga nantinya tak akan berdampak pada peningkatan asam lambung saat makanan tersebut dicerna oleh lambung. Makan yang terlalu cepat juga dapat menyebabkan sering cegukan dan bersendawa terus menerus.

8. Memberikan Suplemen lambung.

Suplemen lambung mampu senantiasa menjaga fungsi-fungsi lambung tetap terjaga, selain itu dapat meningkatkan sekresi cairan lambung, dan terhindar resiko berbagai penyakit lambung. Sehingga kita sudah mengantisipasi resiko penyakit lambung jika telat makan.

Demikian ulasan tentang Tips Menjaga Kesehatan Lambung dari berbagai penyakit, semoga bermanfaat…!

Baca artikel sebelumnya ya…

Tips menjaga kesehatan paru-paru

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *