8 Khasiat Tanaman Obat Ginseng Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Obat Ginseng – Ginseng merupakan tanaman obat yang sudah dipergunakan sejak ribuan tahun lalu dalam pengobatan tradisional Cina .Di negara Barat pun ginseng dimanfaatkan juga sebagai obat karena berbagai manfaatnya bagi kesehatan. Dalam pengobatan tradisional apalagi di Cina, akar tanaman ini dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah merah, memperbaiki aliran darah dan membantu pemulihan dari sakit.

8 Khasiat Tanaman Obat Ginseng Untuk Kesehatan

Ginseng adalah sejenis tanaman obat dari suku Araliaceae. Ginseng tumbuh menyebar di seluruh belahan bumi bagian utara, terutama di daratan Manchuria, Siberia,  Amerika Utara dan Korea. Tanaman ginseng didaerah tropis bisa ditemukan juga di Vietnam yakni dari spesies Panax vietnamensis. Berikut ini beberapa manfaat ginseng bagi kesehatan:

Pertama, gingseng dapat membuat tubuh dan pikiran kita menjadi lebih sehat. Saat Anda sudah mulai merasa kelelahan karena banyaknya aktivitas atau yang padat selama seharian penuh, minumlah ginseng karena hal tersebut dapat mengembalikan stamina dan energi sehingga tubuh Anda segera terasa segar dan fit kembali.

Kedua, gingseng dapat dijadikan sebagai obat kuat. Hal ini diyakini oleh banyak masyarakat. Dalam komposisi ginseng sendiri, memiliki kandungan saponin yang dapat merangsang selaput lendir, memperbaiki sirkulasi darah dan menambah jumlah darah pada tubuh.

Ketiga,  gingseng dapat mengobati diabetes. Bagi para penderita diabetes atau kencing manis, ginseng merupakan salah satu obat herbal yang cocok digunakan karena kandungan zat yang ada dalam tanaman ginseng dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Namun ginseng tak dianjurkan untuk diminum bersamaan dengan obat penurun gula darah yang lainnya karena akan menyebabkan kadar gula dalam darah terlalu rendah.

Keempat,  gingseng mampu mengatasi masalah pernafasan. Manfaat lain yang dapat diperoleh jika mengonsumsi ginseng yaitu menghindarkan sesorang dari berbagai macam masalah pernafasan seperti sesak nafas dan asma. Bagi para penderita asma, ramuan ginseng bisa dikonsumsi secara rutin untuk mengobatinya.

Kelima, gingseng dapat mencegah perkembangan kanker. Pertumbuhan jenis dari sel-sel kanker tertentu dapat dihambat oleh Ginseng. Ginsenosides memiliki efek anti-tumor dan dapat menginduksi kerusakan sel kanker ovarium, sel pada kanker prostat, sel-sel neuroblastoma dan sel paru-paru adenokarsinoma. Selain itu, ginseng juga berkhasiat dalam menghambat perkembangan siklus sel, sehingga mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Keenam, gingseng membatu dalam mengurangi stres mental. Ginseng dapat meningkatkan kewaspadaan mental, disamping itu juga dapat menghilangkan rasa lelah dan merubah mood. Manfaat yang lainnya yaitu sebagai ramuan anti-kecemasan dan antidepresan. Saat seseorang mengalami stres yang berlebihan, hormon adrenal (adrenalin, kortisol dan noradrenalin) akan mengalir keluar dan juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dalam situasi ini, ginseng membantu Anda dalam menyeimbangkan tingkat adrenalin.

Ketujuh, gingseng dapat menurunkan kadar kolesterol. Pada beberapa penelitian, Ginseng dapat ditemukan menurunkan Kolesterol LDL (Kolesterol jahat). Para ilmuwan percaya bahwa ginsenocides yang ada dalam ginseng bertanggung jawab terhadap penurunan kadar Kolesterol di dalam tubuh.

Kedelapan, untuk mengobati infeksi saluran pernapasan. Mengonsumsi produk yang mengandung ekstrak ginseng bisa mencegah Anda terserang gejala flu dan pilek pada orang dewasa kisaran usia 18 hingga 65 tahun. Untuk kalangan di atas usia tersebut, disarankan menambahkan suntik vaksin flu untuk mengurangi risiko terkena flu atau pilek. Jika Anda sudah terkena gejala flu atau pilek, kemungkinan gejala yang Anda rasakan akan lebih ringan setelah mengonsumsi ginseng.

Itu tadi 8 Khasiat Tanaman Obat Ginseng untuk kesehatan. Semoga bermanfaat…!

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Khasiat Tanaman Obat Daun Dewa Untuk Kesehatan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *