8 Khasiat Dan Manfaat Kemangi

Manfaat Kemangi – Daun kemangi banyak digunakan masyarakat Indonesia sebagai menu lalapan yang wajib ada. Sesuai namanya, kemangi apabila disandingkan dengan lalapan lainya tercium lebih wangi. Daunnya kecil-kecil dan mirip dengan seledri, namun banyak juga yang tak menyukai daun kemangi karena rasanya yang getir. Selain segar ketika dikonsumsi, ternyata daun kemangi juga bermanfaat baik untuk tubuh manusia. Apa saja manfaat tersebut? berikut ini ulasanya:

8 Khasiat Dan Manfaat Kemangi

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Daun kemangi mengandung vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata. Cara mengkonsumsinya adalah dalam bentuk minuman atau bisa juga dimakan mentah bersama nasi. Meskipun vitamin A yang ada dalam daun kemangi tak sebanyak vitamin A dalam wortel, namun jumlah tersebut cukup untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Mengatasi bau mulut

Mungkin tak banyak yang tahu, bahwa daun kemangi juga ampuh mengobati masalah bau mulut. Selain bau mulut, kemangi juga dapat menanggulangi bau badan yang tidak sedap. Oleh sebab itu, banyak ramuan tradisional yang melibatkan daun kemangi untuk mengobati masalah bau badan dan bau mulut.

  1. Melawan Menopouse Dini

Dibalik aromanya yang khas, kemangi merupakan tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai obat penunda menopouse. Daun kemangi adalah daun yang memiliki zat triptofan untuk menghambat datangnya menopouse. Karena itulah, jika anda ingin memperlambat menopouse konsumsilah kemangi setiap hari. Selain itu, zat triptofan dalam daun kemangi juga dapat menghambat terbentuknya keriput pada kulit dan mengangkat sel kulit mati. Dengan begitu, anda menjadi lebih cantik dan sehat.

  1. Mengobati Batuk dan Pilek

Daun yang sering dijadikan lalapan ini mengandung zat yang mampu menjauhkan bakteri penyebab pilek dan batuk. Manfaat tersebut bisa anda dapatkan dengan meminum wedang kemangi hangat saat musim dingin. Selain bisa mengobati batuk pilek, daun kemangi juga dapat menghangatkan tubuh sehingga tubuh terasa nyaman.

  1. Mengobati Keputihan

Di dalam daun kemangi ada kandungan antibiotik alami yang mampu membunuh kuman penyebab keputihan. Cara menggunakanya adalah dengan memakan daun kemangi mentah-mentah bersamaan dengan nasi. Selain bisa menghindari keputihan, daun kemangi juga dapat menjaga aroma alat reproduksi agar tetap sedap. Dengan begitu, anda akan percaya diri saat berdekatan dengan suami.

  1. Sebagai Antiradang

Daun kemangi mengandung zat eugenol dan cineole myrcene yang berperan sebagai antibiotik alami dalam tubuh. Antibiotik tersebut berperan dalam mencegah terjadinya peradangan pada tubuh. Karena itulah mengkonsumsi daun kemangi akan membuat anda terhindar dari peradangan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kemangi mengandung magnesium dan betakaroten yang sangat tinggi. Tak heran jika anda mengkonsumsi daun kemangi, jantung akan tetap terjaga kesehatannya. anda dapat mengkonsumsi kemangi dalam bentuk daun asli atau sebagai minuman hangat.

  1. Mengobati Demam

Daun kemangi kaya akan fitonutrien yang membuat daun kemangi sangat efektif dalam menyembuhkan demam berdarah serta demam malaria. Rebus Daun kemangi yang sudah dihaluskan kemudian ditambah dengan teh. Untuk demam yang tinggi bisa juga menggunakan rebusan daun kemangi, gula, dan susu yang telah dicampur dengan bubuk kapulaga dalam ½ liter air. Minum ramuan tersebut untuk menurunkan demam

Demikian ulasan mengenai manfaat kemangi bagi kesehatan. Dengan memahami manfaat-manfaat tersebut, anda akan mendapatkan tambahan referensi obat jika suatu saat anda atau orang sekitar anda mengalami gangguan kesehatan tertentu. Selamat mencoba !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Daun Katuk Untuk Ibu Hamil

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *