7 Manfaat Kembang Turi Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat kembang turi – Bunga turi memiliki nama latin Sesbania grandiflora dan termasuk ke dalam famili Papilionaceae. Kembang turi biasanya dijadikan tanaman hias untuk ditanam di pekarangan rumah. Oleh karena itulah kembang turi dianggap sebagai tanaman bunga. Namun ternyata, selain bermanfaat sebagai tanaman hias, kembang turi juga berkhasiat sebagai obat tradisional.

7 Manfaat Kembang Turi Yang Perlu Anda Ketahui

Hal ini tidak lepas dari peran senyawa-senyawa yang terkandung di dalamnya. Daun bunga turi mengandung tanin, saponin, peroksidase, glikoside,  vitamin A dan vitamin B. Daunnya berkhasiat untuk menghilangkan sakit, mencairkan gumpalan darah, peluruh kencing (diuretik) dan pencahar ringan.

Kulit batang mengandung senyawa egatin, tanin, basorin, zantoagetin, sulfur, calsium oksalat, peroksidase dan zat warna. Khasiatnya sebagai penurun panas (anti piretik), pencahar, pengelat (astringen), penghilang rasa sakit (analgetik), tonik dan perangsang muntah. Sementara bunganya mengandung zat besi, kalsium,  zat gula, vitamin A dan B. Bermanfaat untuk melembutkan kulit, pencahar dan penyejuk. Berikut ini manfaat kembang turi untuk kesehatan dan juga pengobatan tradisional, disertai dengan cara membuat ramuannya:

  1. Mengobati sariawan

Sariawan adalah penyakit mulut yang menyebabkan penderitanya kesulitan menelan makanan. Jika hal ini berlangsung secara terus-menerus maka bisa berakibat fatal. Maka harus ditangani segera. Salah satu obat sariawan alami adalah menggunakan kembang turi. Kulit batang segar secukupnya, diremas-remas ke dalam air, kemudian airnya digunakan untuk berkumur. Untuk yang diminum, kulit batang bisa direbus dahulu, kemudian minum selagi hangat.

  1. Tenggorokan radang

Adanya peradangan tenggorokan biasanya menyebabkan rasa sakit saat menelan makanan. Hal ini bisa diobati dengan cara yang tradisional. Segenggam daun turi merah direbus dengan air bersih yang secukupnya. Setelah dingin disaring, airnya digunakan untuk kumur-kumur. Lakukanlah kumur-kumur sebanyak 4 kali sehari.

  1. Mengobati sakit tenggorokan

Banyak cara untuk mengobati sakit tenggorokan dengan bahan alami, salah satunya yaitu menggunakan daun kembang turi. Caranya yaitu ambil daun kembang turi secukupnya, lalu dicuci bersih dan diremas-remas dalam air matang sampai keluar getahnya. Air tersebut bisa digunakan untuk berkumur pada tenggorokan (gargle).

  1. Kuku bengkak

Kuku bengkak bisa terjadi karena terpukul misalnya. Tentu saja rasanya akan sakit sekali. Obati dengan daun turi secukupnya yang dicuci dengan bersih lalu ditumbuk sampai halus. Tempelkan pada kuku yang sakit, lalu dibalut dengan plester atau perban. Ganti perban 2-3 kali sehari. Darah beku di bawah kuku segera menghilang dan rasa sakitnya akan berkurang. Lain kali, berhati-hatilah dalam bekerja, jangan sampai terpukul lagi.

  1. Disentri

Disentri terjadi karena kita mengkonsumsi makanan yang tercemar oleh bakteri. Ambilah kulit batang pohon turi yang bunganya merah, lalu direbus dengan 2gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring lalu kemudian diminum. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari.

  1. Mengobati keputihan

Sebenarnya banyak obat keputihan tradisional yang dapat digunakan. Menggunakan daun turi hanyalah salah satunya. Caranya yaitu siapkan segenggam daun turi putih dan juga kunyit sebesar ibu jari. Bersihkanlah kedua bahan tersebut lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan 3/4 cangkir air minum, aduk rata, peras airnya dan kemudian minum. Lakukanlah pengobatan ini secara rutin 2 kali sehari.

  1. Obat batuk tradisional

Di Indonesia, tanaman herbal yang memiliki khasiat dalam mengobati batuk jumlahnya sangat banyak. Bahkan bunga turipun dapat melakukannya. Siapkan satu genggam daun turi merah secukupnya. Cuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkanlah air perasan jeruk pecel atau jeruk pecel, aduk rata. Saringlah airnya kemudian diminum.

Itulah beberapa manfaat kembang turi yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Rebung Yang Perlu Anda Tahu

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *