6 Hal yang Harus Diperhatikan tentang Virus Ebola dan Pengobatannya

Virus ebola dan pengobatannya – Ebola merupakan salah satu virus yang dapat menular akan tetapi tidak seperti virus influenza, pilek dan campak yang frekuensi penularannya sangat cepat dan sering menjangkit banyak orang. Penyakit yang disebabkan oleh virus ebola akan berakibat fatal dan menyebabkan kematian pada penderita jika tidak segera mendapatkan penanganan khusus.

6 Hal yang Harus Diperhatikan tentang Virus Ebola dan Pengobatannya

Penyebaran virus ebola ke manusia yaitu adanya kontak kulit manusia yang terbuka dengan cairan (darah, liur, urin, dll) dari dalam tubuh hewan seperti; kelelawar, monyet, dan simpanse atau manusia yang sudah terkontaminasi oleh virus ebola. Sebagian orang yang merawat atau ikut serta mengubur penderita yang terjangkit virus ebola akan tertular apabila tidak hati-hati dalam melakukannya. Selain itu, lingkungan sekitar penderita yang telah terjangkit virus ini juga berpotensi besar untuk menularkannya ke orang di sekitar lingkungan tersebut, seperti perawat atau petugas yang merawat penderita. Yang dimaksud lingkungan sekitar dari penderita virus ini ialah; jarum suntik, pakaian, sprei dan barang lainnya yang telah digunakan penderita.

Virus ebola dan pengobatannya saat ini masih marak diperbincangkan dibeberapa Negara. Hal tersebut terjadi karena sampai saat ini untuk pengobatan terhadap penderita yang terjangkit virus ini belum ditemukan. Apalagi virus ini tidak hanya menjangkit seseorang ketika berada dirumah sakit atau bertemu penderita secara langsung, namun juga dapat terjadi penularan di tempat umum seperti; sekolah, restoran, kantor, dan bandara.

Sebelum mengetahui bagaimana pengobatan yang dapat dilakukan untuk penderita ini dan meskipun sampai saat ini belum ada obat yang dapat membasmi virus ini, alangkah baiknya untuk anda mengetahui gejala-gejala dari virus ebola agar anda dapat waspada dengan penderita virus ini. Gejala yang akan penderita rasakan apabila terjangkit virus ebola;

  • Sebenarnya, virus tidak akan tertularkan apabila penderita belum menunjukkan gejala. Ketika gejala muncul, pada saat itulah penderita akan menularkan virus ebola kepada yang lain.
  • Gejala awal yaitu sakit kepala disertai dengan munculnya demam tiba-tiba.
  • Penderita akan merasa sangat lemas.
  • Kemudian diikuti dengan adanya rasa nyeri pada sendi dan otot.
  • Sakit tenggorokan
  • Setelah gejala itu semua penderita akan mulai mual dan muncul ruam pada tubuh.
  • Terjadinya gangguan pada fungsi ginjal dan hati.
  • Adanya pendarahan melalui telinga, hidung, mulut bahkan mata.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan oleh perawat untuk menyikapi virus ebola dan pengobatanya para penderita yang terjangkit.

  1. Melakukan pengawasan yang ketat terhadap penderita sendiri, kontak dan lingkungan disekitar penderita.
  2. Memberikan laporan kepada instansi kesehatan kelas 2A tentang kasus individu yang terjangkit virus ebola.
  3. Pelaksanaan isolasi terhadap penderita. Untuk ruang isolasi bagi penderita ruangan harus memiliki tekanan negative dan tersedianya Personal Protection Equipment (PEE)
  4. Diadakannya desinfeksi serentak yaitu semua alat tak terkecuali apapun itu yang pernah digunakan untuk menangani atau digunakan pasien atau penderita harus mendapatkan desinfektan cairan 0,5 % sodium hipoklorit atau 0,5 % phenol kemudian dipanaskan dengan suhu seperti merebus.
  5. Pengadaan karantina terhadap pasien. Kontak dekat hanya dapat dilakukan oleh kegiatan surveilens.
  6. Untuk penanganan lanjutan terhadap pasien harus ada kegiatan investigasi kontak terdekat pasien dan sumber infeksi. Yaitu pelaksanaan identifikasi terhadap seluruh kontak terdekat pasien sepeti; orang yang tinggal bersama pasien dan orang yang merawat pasien. Identifikasi minimal dilaksanakan selama 3 minggu. Kontak harus diberikan tindakan surveilans dengan ketat seperti; pemeriksaan suhu tubuh sebanyak 2x sehari dengan rincian 3x seminggu. Jika suhu tubuh mencapai 38,3 derajat celcius maka harus segera dibawa ke rumah sakit dan mendapatkan isolasi yang ketat. Sekian penjelasan mengenai virus ebola semoga bermanfaat.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Gejala Virus Campak Dan Pengobatannya

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *