5 Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kacang merah – Kacang merah merupakan bahan pangan yang cukup sering dijumpai sehari-hari. Anda dapat memasak kacang merah sebagai sayur, sop maupun sebagai hidangan pencuci mulut. Bahkan sekarang ini anda dapat menemukan kacang merah dalam jenis makanan dan juga minuman apa pun, mulai dari roti, puding, es krim serta es susu kacang merah. Namun, tidak sedikit yang belum tahu bahwa kacang yang banyak tumbuh di negara Asia seperti Indonesia dan India ini ternyata tidak hanya lezat, namun juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan berat badan sampai mencegah kanker, anda pun jadi punya lebih banyak alasan untuk makan kacang merah.

5 Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut beberapa manfaat kacang merah untuk kesehatan antara lain ialah :

  1. Melancarkan pencernaan

Salah satu kandungan yang sangat tinggi di dalam kacang merah ialah serat. Dalam setiap 100 gram, kacang merah ini menawarkan kira-kira 13 gram serat larut dan tidak larut. Serat tidak larut ini paling banyak ditemukan dalam kulitnya sementara serat larut banyak terkandung di dalam daging kacangnya. Selain itu, kacang merah juga mengandung pati yakni sejenis karbohidrat kompleks yang sifatnya hampir mirip dengan serat larut. Di dalam usus besar, pati ini akan membantu perkembangan berbagai jenis bakteri baik. Bakteri baik ini sangat di perlukan untuk melawan berbagai masalah pencernaan.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kacang merah merupakan sumber protein yang bebas kolesterol dan juga rendah lemak. Anda dapat memperoleh kira kira 20 gram protein dari setiap 100 gram kacang merah. Angka ini memang mencukupi 40% kebutuhan protein harian anda. dengan konsumsi kacang merah, anda dapat memenuhi kebutuhan protein tanpa harus takut kolesterol maupun kadar lemak jenuh dalam tubuh naik. Sementara jika anda konsumsi daging untuk memenuhi kebutuhan protein, mau tidak mau kadar lemak dan kolesterol pun semakin meningkat. Sebagai tambahan, serat larut yang berada di dalam kacang merah juga bertanggung jawab untuk menyeimbangkan kadar kolesterol baik dan kolesterol jahat. Selain itu, kacang merah juga kaya akan mineral seperti folat, kalsium, magnesium serta kalium yang mampu menekan kadar homosistein dalam di dalam darah. Selain itu, manfaat kacang merah untuk kesehatan jantung ialah membantu meringankan kerja pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah menuju jantung.

3. Mengendalikan nafsu makan

Sebab kacang merah ini kaya akan protein, serat larut serta karbohidrat kompleks, konsumsi kacang merah bisa menjadikan anda kenyang lebih lama. Dengan begitu, maka anda tidak akan mudah tergoda untuk mencari camilan atau makanan lain. Untuk anda yang tengah berusaha menurunkan berat badan, manfaat kacang merah yang satu ini pastinya sayang sekali jika di lewatkan.

4. Mencegah diabetes

Serat yang ada di dalam kacang merah membantu menjaga supaya glukosa tidak dilepas dalam darah terlalu cepat. Begitu pula dengan karbohidrat kompleks dalam kacang merah. Berbeda dengan karbohidrat sederhana yang dapat larut dengan mudah, karbohidrat kompleks ini tidak akan menghasilkan glukosa dalam darah secepat karbohidrat sederhana. Dengan begitu, kadar gula yang ada dalam darah tidak akan tiba-tiba menanjak sehingga memicu diabetes.

5. Mencegah penuaan dini

Manfaat kacang merah yang terakhir ialah tidak hanya untuk mencegah penyakit, namun juga untuk menjaga keremajaan tubuh. Kacang merah mengandung antioksidan yang sangat tinggi, bahkan melebihi antioksidan dalam sayuran dan juga buah-buahan tertentu yang mampu mencegah penuaan dini pada kulit kita. Semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *