10 Tips Menjaga Kesehatan Usus

10 Tips Menjaga Kesehatan Usus

Tips menjaga kesehatan usus – Usus adalah salah satu organ dari sistem pencernaan kita dimana organ ini sangat rentan terkena berbagai jenis penyakit seperti tumor usus, kanker usus,luka pada usus dan lain sebagainya. Hal ini karena setiap hari dilewati oleh makanan yang dapat berpotensi menyebabkan penyakit. Terutama jika makanan yang dikonsumsi mengandung lemak, minyak dan zat pengawet lainnya yang menyebabkan munculnya berbagai gangguan serta penyakit.

10 Tips Menjaga Kesehatan Usus

10 Tips Menjaga Kesehatan Usus

10 Tips Menjaga Kesehatan Usus

10 Tips Menjaga Kesehatan Usus

Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan usus sehingga usus kita selalu sehat dan juga terhindar dari berbagai macam gangguan serta penyakit. Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan usus:

  1. Makan dengan porsi yang kecil namun sering

Tindakan mengonsumsi makanan dengan jumlah yang besar secara langsung dapat membuat usus bekerja dengan keras. Akibatnya kinerja usus dapat terganggu. Sehingga sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang porsinya kecil dan ulangi jika Anda masih merasa lapar. Serta jangan lupa untuk minum air agar sirkulasi makanan Anda lancar.

  1. Konsumsilah makanan berbakteri probiotik

Bakteri probiotik berguna untuk meningkatkan produksi bakteri baik di dalam usus. Bakteri ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus Anda.

  1. Kurangi gula

Gula dapat meningkatkan produksi asam di lambung dan mendorong empedu untuk bekerja lebih keras. Selain itu, gula juga mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri yang jahat di dalam usus. Oleh sebab itu kurangi konsumsi gula Anda.

  1. Konsumsi makanan yang segar

Makanan segar yang rendah zat pengawet berperan penting dalam menjaga kesehatan usus. Oleh karena itu pastikanlah bahwa menu makanan Anda didominasi oleh makanan segar yang tinggi serat.

  1. Kurangi stres

Penelitian yang diterbitkan oleh jurnal kesehatan Gut, dikatakan bahwa stres dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda terutama usus. Para peneliti berpendapat bahwa stres dapat membuat usus meradang yang mengganggu sistem saraf parasimpatis yakni sistem yang berfungsi untuk mengontrol gerakan usus.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat 8 jam setiap harinya bermanfaat untuk mengatur hormon dalam usus yang berperan dalam mengontrol rasa kenyang dan lapar serta meningkatkan sistem kekebalan usus.

  1. Sebarkanlah waktu makan

Perut yang kosong dapat menimbulkan kembung dan nyeri. Oleh sebab itu, kita perlu untuk menyebar waktu makan menjadi 2 makan ringan dan 3 kali makan besar per hari.

  1. Mengurangi makanan yang asam, pedas dan manis

Makanan yang memiliki rasa terlalu asam, pedas dan manis memang kurang baik untuk usus. Karena makanan-makanan tersebut akan memicu produksi asam lambung yang berlebih dan mengakibatkan empedu bekerja lebih keras daripada biasanya. Selain itu makanan yang terlalu pedas juga bisa memicu timbulnya bakteri di dalam usus

  1. Olahraga teratur

Olahraga teratur merupakan salah satu cara yang terbaik untuk membantu memastikan pencernaan yang anda punyai itu sehat. Lakukan olahraga teratur jika Anda ingin mencegah racun-racun dan juga membantu fungsi usus Anda lebih baik.

  1. Mengunyah makanan lebih lama

Cara ini mungkin sudah sering anda lakukan yaitu dengan mengunyah makanan lebih lama atau sampai makanan agak halus. Karena makanan yang halus lebih mudah dicerna oleh tubuh dan lebih mudah melewati usus. Biasakan mengunyah makanan sampai agak halus baru kemudian anda telan makanan tersebut.

Itu tadi tips menjaga kesehatan usus yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat….!

Baca artikel sebelumnya ya…

Tips menjaga kesehatan kulit

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *