10 Tips Mengatasi Insomnia Secara Alami

10 Tips Mengatasi Insomnia Secara Alami

Tips Mengatasi Insomnia – Penyakit susah tidur atau yang sering disebut insomnia adalah hal yang sangat mengganggu sebagian orang secara umum. Insomnia kadang-kadang terjadi sebab adanya stress atau dapat juga akibat pola hidup yang tak teratur. Jika terjadi dalam jangka pendek memang tidak berdampak apa-apa untuk penderita insomnia, akan tetapi dalam jangka panjang tentu bisa berbahaya bagi penderitanya.

10 Tips Mengatasi Insomnia Secara Alami

10 Tips Mengatasi Insomnia Secara Alami

10 Tips Mengatasi Insomnia Secara Alami

10 Tips Mengatasi Insomnia Secara Alami

Tips Mengatasi Insomnia sangat penting untuk diketahui oleh penderita insomnia. Sebab insomnia bisa menyebabkan penderitanya kekurangan darah akibat sirkulasi darah yang tidak teratur. Apabila dibiarkan secara terus-menerus hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kerja otak yang tak bekerja secara efektif. Gangguan yang terjadi pada kerja otak otomatis bisa mempengaruhi kerja organ yang lainnya seperti pernafasan, pencernaan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu begadang akibat insomnia harus segera diatasi.

Tips Mengatasi Insomnia yang bisa anda terapkan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Berolah raga secara teratur.

Beberapa penelitian menyatakan berolah raga teratur bisa membantu orang yang sedang insomnia atau mengalami masalah tidur. Olah raga yang paling baik dilakukan di pagi hari. Dengan berolah raga, maka kesehatan anda semakin optimal sehingga tubuh bisa melawan stress yang terjadi dengan lebih baik.

  1. Membuat tempat tidur se-nyaman mungkin

Tidur sangat baik bagi kesehatan, serta dapat memulihkan tubuh dari rasa capek dan lelah dari aktivitas sehari-hari. Buatlah kamar tidur anda menjadi senyaman dan se-tenang mungkin, matikan lampu ketika tidur, dan hindarkan laptop ataupun gadget lainnya sehingga anda bisa lebih cepat tidur.

  1. Jangan tidur terlalu lama di siang hari

Malam hari merupakan waktu alami untuk tidur sehingga usahakan janganlah terlalu banyak tidur pada siang hari, sebab dapat menyebabkan anda susah tidur saat malam harinya.

  1. Selalu ingat bahwa tidur adalah kebutuhan tubuh anda

Anda harus menerima jika kita butuh tidur sedikitnya delapan jam dalam dalam sehari, janganlah mengurangi waktu tidur anda, sebab dalam jangka panjang dapat merusak kebiasaan atau pola tidur anda.

  1. Janganlah memaksakan untuk tidur

Sebenarnya tidur itu alami serta mudah. Apabila anda memaksakan diri untuk tidur, maka anda akan merasa semakin cemas dan akhirnya justru membuat anda tidak bisa tidur. Jadi anda cukup pergi ke tempat tidur, kemudian berbaring dengan tenang maka lama-lama anda akan mengantuk dan ingin tidur dengan sendirinya.

  1. Siapkanlah diri anda untuk tidur

Persiapkan diri untuk tidur supaya anda segera mengantuk. apabila anda hanya pergi menuju tempat tidur serta tak berniat untuk tidur, maka insomnia anda tak akan teratasi.

  1. Manjakan-lah diri anda dalam kegiatan relaksasi

Tips Mengatasi Insomnia dapat dilakukan dengan melakukan relaksasi seperti mendengarkan musik dan membaca buku untuk mengawali tidur.

  1. Kurangilah konsumsi minuman yang sifatnya stimulan

Minuman stimulan ataupun minuman yang bisa membuat anda terjaga misalnya seperti alkohol, teh, dan kopi dapat menyebabkan anda terjaga sehingga dapat memperparah insomnia anda.

  1. Jernih-kan pikiran anda.

Hilangkan segala kekhawatiran yang ada di pikiran anda. Misalnya dengan curhat atau menuliskan apa yang anda khawatirkan pada diare atau blog.

  1. Konsultasikan dengan dokter

Apabila tidur anda terus-menerus terganggu, segeralah konsultasi dengan dokter sebab sulit tidur terkadang merupakan gejala dari adanya penyakit seperti masalah jantung dan hipertensi.

Terima kasih sudah membaca membaca 10 Tips Mengatasi Insomnia. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Tips Membuat Anak Tidak Susah Makan Sehingga Gizinya Tercukupi

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *